Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Nov 2021 19:17 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Rekomendasi Wisata di Pangalengan untuk Berlibur di Akhir Pekan

Tim detikcom
detikTravel
Cukul Sunrise Point di Pangalengan
Cukul Sunrise Point Foto: (Wisma Putra/detikTravel)
Bandung -

Pangalengan, Bandung bukan hanya terkenal sebagai penghasil susu murni yang berkualitas, tetapi juga terkenal dengan alamnya yang indah. Berikut beberapa rekomendasi wisata yang ciamik di Pangalengan.

1. Kebun Teh Malabar

kebun teh malabarKebun teh Malabar Foto: Ristiyanti Handayani/d'Traveler


Hamparan tanaman teh di perkebunan teh Malabar dijadikan sebagai objek wisata karena mampu memikat pengunjung dengan keasriannya. Selain itu, pengunjung juga dapat mempelajari proses produksi teh dari kebun ini yang 90 persennya diekspor

2. Wayang Windu

Kebun teh di Pangalengan.Wayang Windu Foto: (akhdianrep/d'Traveler)

Singgah ke Pangalengan di Selatan Bandung, jangan lupa kunjungi gunung kembar Wayang Windu Panenjoan. Berlokasi di tengah perkebunan teh yang terhampar luas seperti permadani, kita dapat menikmati matahari tenggelam yang indah.

Latar belakang uap panas bumi dari Geothermal Wayang Windu memberi nuansa yang menguatkan suasana matahari tenggelam. Sebuah pengalaman menikmati sunset yang wajib dicoba.

3. Situ Cileunca

Danau di Pengalengan, Bandung Selatan.Situ Cileunca, Pengalengan, Bandung Selatan. Foto: Muhammad Iqbal

- Tiket Rp 5.000

Bagi wisatawan yang berlibur ke Bandung Selatan, jangan lewatkan Situ Cileunca di Pangalengan, Kabupaten Bandung. Bisa lihat senja.

Situ Cileunca menjadi salah satu dari enam lokasi wisata yang dibuka dalam tahapan uji coba yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung.

Danau buatan tersebut memiliki luas sekitar 1.400 hektar dan berada di dataran tinggi Pegunungan Pangalengan. Anda dapat menikmati senja dan tenangnya air saat berkunjung ke sana di sore hari.

Beberapa lokasi di Situ Cileunca dikelola langsung oleh pihak Desa Pulosari, Pangalengan, Kabupaten Bandung. Pengunjung hanya dimintai tarif Rp 5 ribu saja untuk bisa menikmati udara segar dan pemandangan indah di sana.

Selain menikmati ketenangan dan kesejukan udara di sana, pengunjung dapat berswafoto dengan pemandangan yang asri khas Pangalengan. Bila datang di pagi dan malam hari pasti akan menemukan kabut yang tebal.

Beberapa spot foto bisa dijadikan rekomendasi untuk Anda yang berencana datang ke sana. Seperti jembatan yang menghubungkan satu desa ke desa lainnya.

Dengan warna oranye di bagian penjaga jembatan serta warna langit yang biru atau oranye, bisa membuat foto Anda menjadi nikmat dilihat mata.

Bila tidak puas dengan melihat dari jauh, Anda dapat berkeliling menggunakan perahu yang dijajakan oleh warga sekitar. Tarif per orang hanya Rp 25 ribu saja dengan tanpa batasan waktu, alias sepuasnya.

4. Sunrise Point Cukul

Sunrise Point Cukul adalah salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Kecamatan Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Traveler sudah pernah ke sana?Sunrise Point Cukul adalah salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Kecamatan Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Foto: Abdullah Wildan Ulhaq

Sunrise Point Cukul berjarak sekitar 60 km dari Gedung Sate, Bandung. Meskipun jalanan menuju lokasi relatif sepi, pola jalannya yang berkelok dan terkadang terjal menuntut para pengendara untuk tetap hati-hati selama di perjalanan. Setelah tiba di Situ Cileunca, dibutuhkan kurang lebih 15 menit untuk tiba di kawasan Sunrise Point Cukul.

Dari lokasi parkir, pengunjung tinggal berjalan kaki kurang lebih 100 meter untuk sampai di pintu masuk Sunrise Point. Tarif parkir untuk sepeda motor sebesar Rp 5.000 dan Rp 10.000 untuk mobil.

Sesuai namanya, tempat ini sangat asyik buat berburu foto-foto senja.

Nah itu dia beberapa rekomendasi wisata di Pangalengan, Bandung. Kalau ingin berlibur jangan lupa tetap protokol kesehatan dan sudah divaksinasi ya!

(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA