Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 14 Nov 2021 18:37 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Si Dewi Kano Purworejo Bangun dari Tidurnya

Rinto Heksantoro
detikTravel
Desa Wisata Kaligono Purworejo
Pengolahan buah kemukus di Dewi Kano (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)

Untuk homestay, Agung menambahkan, tersedia di dekat obyek wisata Taman Sidandang di RT 02/RW 04, Dusun Kedungrante. Taman Sidandang sendiri merupakan salah satu spot andalan Dewi Kano.

Memiliki luas sekitar dua hektar, taman ini membentang di sisi Sungai Kedungrante. Dengan hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 serta parkir Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil, pengunjung sudah bisa menikmati panorama indah yang disajikan serta suasana sejuk yang membikin betah berlama-lama di tempat ini.

Taman Sidandang sendiri diambil dari nama salah satu kedung atau bagian sungai yang cekung ke dalam seperti Dandang yakni alat untuk menanak nasi. Beberapa gazebo berdiri di sisi sungai sebagai tempat berteduh sekaligus dijadikan spot foto.

Alangkah sempurnanya bercanda di Taman Sidandang sembari menikmati camilan tradisional khas Desa Kaligono yakni gembel dan kulup serta menyeruput wedang temu gula aren.

Desa Wisata Kaligono PurworejoEstablish salah satu homestay di Desa Wisata Kaligono Purworejo (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)

"Gembel dibuat dari tepung pati kanji dengan isi oncom atau sambal tempe, sedangkan kulup adalah singkong yang direbus dengan nira aren. Wedang temu gula aren adalah minuman dari temulawak yang diberi gula aren dan memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh," jelas Agung.

Lambaian Curug Walangan dari tebing seberang sungai membuat suasana semakin romantis. Selain berfoto dengan latar belakang air terjun, pengunjung juga bisa turun ke sungai untuk bermesraan dengan batu karang yang cantik.

Warung makanan, toilet, musala hingga joglo pertemuan tersedia di sini. Tak hanya keindahan alam, wisata religi, budaya, tradisi dan hasil bumi, Dewi Kano juga mengajak pengunjung untuk belajar melalui wisata edukasi.

Selanjutnya, wisata edukasi, kuliner, dan budaya Dewi Kano >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4


Simak Video "3 Hari Purworejo Terendam Banjir, Begini Kondisinya Saat Ini"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA