Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 15 Nov 2021 19:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Cerita Arca Nandi, 'Si Lembu' yang Tak Boleh Dipindahkan

Ragil Ajiyanto
detikTravel
Situs watu genuk boyolali
Arca Nandi (Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali -

Situs Candi Watu Genuk Boyolali masih kental dengan cerita mistis. Bahkan arca-arca di sana diyakini juga memiliki daya magis, salah satunya arca nandi.

"Dari dulu setahu saya, arca lembu itu sudah ada ditempat (sekarang) itu. Tapi itu juga mempunyai kekuatan tersendiri, keistimewaan tersendiri," kata Sriyono, warga sekitar situs Minggu (14/11/2021).

Konon ceritanya, kata Sriyono, sekitar tahun 1967/1968, arca lembu pernah dipindahkan. Dibawa ke Dukuh Jaten untuk hiasan gapura saat lomba desa. Untuk membawa arca itu, diangkat dengan cara dipikul secara beramai-ramai oleh warga.

"Paribahasane wong sak deso sing nggotong (Ibaratnya orang satu dukuh yang mengangat) arca itu. Tapi kemudian ada kejadian aneh, sapi-sapi (di kampung itu) banyak yang mati," ungkap dia.

Atas kejadian itu, warga kemudian menanyakan kepada orang tua atau orang mengerti tentang hal ghaib. Arca lembu itu diminta untuk dikembalikan ke tempat asalnya di situs Watu Genuk.

"Arca lembu itu kemudian dikembalikan. Yang awalnya (saat mengambil) dipikul orang banyak, (saat mengembalikan) Cuma dipikul orang empat, masih ditunggai sambil membawa cemeti, pecut. Jalan biasa. Lalu diletakkan di sana. Habis itu tidak ada lagi kejadian (sapi mati)," terangnya.

Situs watu genuk boyolaliArca lembu di Situs watu genuk boyolali Foto: (Ragil Ajiyanto/detikcom)

Tak hanya itu. Ada cerita lagi tentang daya magis arca nandi di situs watu genuk. Arca tersebut sempat akan dibawa oleh orang entah kemana. Arca sudah dimasukkan ke mobil.

"Tapi mobilnya tidak bisa jalan. Terus ketahuan sama orang Dukuh Watu Genuk, diminta untuk dikembalikan. Akhirnya arca itu dikembalikan, mobilnya bisa jalan," imbuh dia.

Arca nandi tersebut kini berada di lahan situs Watu Genuk seluas sekitar 400 meter persegi di Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali. Posisinya dipagari kawat berduri. Kondisi kepalanya sudah tidak ada.



Simak Video "Ada Asa di Balik Ekskavasi Candi Watu Genuk Boyolali"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA