Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 20 Nov 2021 05:01 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Main Sampan di Tangerang Selatan, Asyik Juga

Syanti Mustika
detikTravel
Taman Edukasi Ganespha
Naik sampan di Taman Edukasi Ganespha (Syanti/detikcom)
Jakarta -

Ada tempat seru-seruan bermain air di Tangerang Selatan, nih. Di sini kamu bisa naik sampan, bebek-bebekan, sepeda air, bahkan bermain paddle board lho.

Kamu yang berdomisili Jabodetabek dan ingin santai bermain wahana air di danau, coba deh datang ke Tangerang Selatan. Tepatnya, ke Taman Edukasi Ganespha yang ada di Pamulang, Tangsel. Taman ini tepat berada di Situ Tujuh Muara.

Taman edukasi ini didirikan oleh organisasi bernama Ganespa. Organisasi ini diisi oleh para penggiat alam atau aktivis lingkungan.

"Berawal dari kegiatan teman-teman organisasi yaitu pada tahun 2004. Rata-rata dari kami, tuh dari kampus berbeda, yaitu dari Mapala kampus, kemudian kami membuat organisasi umum dengan nama Ganespa singkatan dari Gugus Alam Nalar Ekosistem Sosial Pemuda Aktif yang kemudian menjadi penggiat alam atau aktivis lingkungan. Kami juga bersinergi dengan pemerintahan setempat," kata Lala Nurdiansyah salah satu pengurus di Ganespha kepada detikcom.

Taman Edukasi GanesphaTaman Edukasi Ganespha Foto: (Syanti/detikcom)

Lala menceritakan awalnya ada taman edukasi ini karena kebutuhan dana dari organisasi. Kemudian, mereka menciptakan koperasi dengan adanya warung kuliner, wisata air hingga tempat nongkrong di pinggir danau.

"Kan diorganisasi kita butuh dana. Nah salah satu cara kita untuk menghasilkan dana yaitu dengan cara membuat usaha, membuat semacam koperasi di sini. Itu ada wisata air, kuliner dan kegiatan seni," kata Lala.

Apa yang bisa dilakukan di Taman Edukasi Ganespha?

Selain nongkrong, traveler bisa mencoba mengelilingi danau dengan sampan, kano, atau seru-seruan dengan paddle board. Harga yang ditawarkanpun terjangkau, kok.

detikcom pun berkunjung Taman Edukasi Ganespha dan mencoba langsung naik sampan keliling Situ Tujuh Muara. Adapun untuk harga naik sampai sekali rute yaitu Rp 30 ribu.

"Untuk naik wahana air, harga sampan saat weekday Rp 30 ribu dengan durasi sekitar 30 menit. Harga itu maksimal tiga orang. Jika kamu datang lebih dari tiga orang, berarti hitungan selanjutnya tambah Rp 10 ribu per kepala. Sedangkan untuk weekend Rp 45 ribu (untuk tiga orang). Jika kurang dari tiga orang, kamu tetap membayar Rp 30 ribu (weekday) dan Rp 45 ribu saat weekend," papar Lala.

Taman Edukasi GanesphaTaman Edukasi Ganespha Foto: (Syanti/detikcom)

Selain sampan, di sini juga ada kano, bebek-bebekan, sepeda air, perahu naga dan paddle board juga lho. Siapapun yang mau mencoba, bisa datang langsung.

"Untuk bebek air harganya Rp 20.000 per 15 menit. Yang ingin bermain paddle board juga bisa. Datang saja langsung dan tanya saja ke kita jika ingin belajar atau berkeliling danau," ujar Lala.

Taman Edukasi GanesphaTaman Edukasi Ganespha Foto: (Syanti/detikcom)

Adapun waktu terbaik untuk datang ke sini adalah waktu sore. Jika cuaca cerah, kamu bisa menikmati sunset sembari menikmati ragam cemilan di pinggir danau.

"Waktu terbaik datang ke sini sore sih. Di atas jam 4 saja datang ke sini. Kita bisa lihat sunset di pinggir danau atau dari danau. Untuk jam buka, kita masih kondisional ya, setelah dhuhur sudah bisa datang ke sini," dia menambahkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "KRL Anjlok di Sudimara, Jadwal Kereta Alami Keterlambatan"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA