Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 28 Nov 2021 07:11 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Curug Cigetruk, Air Terjun Tertinggi di Cirebon, Sejuknya Alami!

curug
Foto: Curug Cigetruk (Wahyu Setyo Widodo/detikTravel)
Cirebon -

Cirebon adalah kota di pesisir pantai Jawa yang terkenal panas. Tapi siapa sangka, Cirebon punya curug yang menawarkan kesejukan alami. Namanya Curug Cigetruk!

Curug Cigetruk ini berada di desa Mandala, Kecamatan Dukupuntang, Cirebon. Dari pusat kota Cirebon, untuk menuju ke curug ini dibutuhkan waktu sekitar 30 menitan.

Jalan menuju ke Curug Cigetruk sudah mulus, bisa dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat. Jadi traveler tidak perlu khawatir!

Saat detikTravel berkunjung ke Curug Cigetruk, suasana sedang sepi sekali. Beruntung detikTravel bertemu dengan Suhanan, sang pemilik lahan dimana Curug Cigetruk berada.

Suhanan menceritakan, Curug Cigetruk ini sudah lama ada di lahan milik keluarganya. Usianya bahkan sudah mencapai ratusan tahun. Namun baru belakangan ini air terjun itu dibuka menjadi destinasi wisata.

"Ini baru dikelola 1,5 tahun yang lalu. Sebelumnya punya keluarga saja. Baru diuji coba buka pas Idul Fitri tahun lalu," ungkap Suhanan kepada detikTravel.

curugcurug Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Sejak pertama dibuka, jumlah pengunjung curug ini mencapai 500 orang per harinya. Namun itu dulu. Sejak pandemi jumlah pengunjung terus menurun dan belum menunjukkan tanda-tanda akan normal kembali.

"Kalau sekarang menurun jauh. Selain karena pandemi juga karena kesulitan ekonomi. Dulu pas ramai bisa 1.500-2.000 orang, sekarang cuma 200-300," kata Suhanan.

curugcurug Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Sabtu-Minggu dan hari libur nasional masih jadi waktu favorit bagi wisatawan yang liburan ke Curug Cigetruk. Kebanyakan yang berkunjung ke sini adalah warga Cirebon dan sekitarnya.

Curug Cigetruk memiliki aliran air yang sangat deras. Debit airnya relatif stabil sepanjang tahun. Saat musim kemarau pun, air terjun ini tetap mengalir.

Selanjutnya: Air Terjun Tertinggi di Cirebon

Suhanan menyebut Curug Cigetruk merupakan air terjun tertinggi di Cirebon. Ketinggian curug ini mencapai 27 meter, namun ada pula yang menyebut 30 meter, bahkan 34 meter.

Air terjun ini bersumber dari mata air alami yang berasal dari Telaga Biru. Traveler pun bisa main basah-basahan di bawah air terjun ini.

Pihak pengelola sudah membuat kolam tepat di bawah air terjun. Kedalamnnya pun tidak sampai 1,5 meter sehingga traveler bisa main air sampai puas tanpa takut tenggelam bagi yang tidak bisa berenang.

Suhanan beserta keluarganya masih mengelola curug Cigetruk secara swadaya dengan dana pribadi. Belum ada bantuan dari pemerintah daerah maupun instansi terkait. Namun dia sendiri tidak ambil pusing terkait bantuan itu.

"Saya tidak ambil pusing. Saya sudah keluarkan uang banyak untuk bangun fasilitas, penataan ini itu. Yang penting manfaatnya ini timbul buat masyarakat. Kalau malah dipersulit, gampang saja ini tinggal ditutup, tanahnya saya bisa tanami duren, pete," kata Suhanan.

curugcurug Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Pengelola Curug Cigetruk juga tengah menghadapi konflik dengan pengelola lahan. Saat ini pihak pengelola sedang membangun pintu masuk yang baru. Rencananya pintu masuk baru itu bakal beroperasi sebelum libur tahun baru.

Untuk masuk curug Cigetruk, harga tiketnya murah saja. Cukup Rp 5.000 per orang sudah bisa main air dan basah-basahan sampai puas. Wajib dicoba kalau traveler sedang liburan di Cirebon!

(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA