Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 04 Des 2021 17:12 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Empal Gentong Mang Darma, Kuliner Hangat nan Nyaman di Cirebon

Empal Gentong Mang Darma di Cirebon
Foto: Empal Gentong Mang Darma di Cirebon (Wahyu Setyo Widodo/detikTravel)
Cirebon -

Malam hari dan ingin yang hangat-hangat di Cirebon? Meluncurlah ke Empal Gentong Mang Darma untuk seporsi kehangatan yang nyaman di perut. Mantap rasanya!

Empal gentong merupakan kuliner khas Cirebon. Ada banyak tempat yang bisa traveler kunjungi untuk menyicipi ragam kuliner ini. Salah satu yang direkomendasikan adalah Empal Gentong Mang Darma (EGMD).

Empal Gentong Mang Darma berlokasi di Jalan Pangeran Diponegoro No 23, Kesenden, Cirebon. Warung empal gentong ini terbilang legendaris, sudah ada sejak tahun 1948. Konon katanya, Empal Gentong Mang Darma ini adalah pelopor dari menjamurnya warung empal gentong di Cirebon. sudah

Empal gentong adalah kuliner dengan citarasa seperti gulai berkuah kuning, dengan daging sapi sebagai isian utamanya. Bisa juga dicampur dengan jeroan, tergantung dengan selera traveler saja.

Kuliner ini cocok disantap di berbagai waktu, bisa buat makan siang, bisa juga buat makan malam. Rombongan detikTravel sendiri mengunjungi warung Empal Gentong Mang Darma saat malam hari untuk mengisi perut yang sudah keroncongan sedari sore.

Empal Gentong Mang Darma di CirebonEmpal Gentong Mang Darma di Cirebon Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

detikTravel memesan seporsi Empal Gentong Mang Darma dengan isian campur daging dan jeroan. Saat pesanan datang, detikTravel cukup kaget karena empal gentong ini disajikan bersama dengan gentongnya. Tentunya dalam bentuk mini.

Karena mulut gentong yang cukup kecil, saya cukup kesulitan untuk memasukkan sendok dan mencelupkan nasi ke dalam kuah empal gentong. Akhirnya terpaksa empal gentong itu saya siramkan ke atas piring nasi putih. Jangan lupa tambahkan sambal kalau suka pedas.

Empal Gentong Mang Darma di CirebonEmpal Gentong Mang Darma di Cirebon Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Saat masuk ke dalam mulut, rasa empal gentong yang gurih santan dominan terasa. Hangat dan nyaman di mulut dan perut. Cocok dinikmati saat udara malam Cirebon sedang dingin gara-gara diguyur hujan deras sedari sore tadi.

Selain empal gentong, di sini juga ada empal asem, nasi lengko dan sate kambing plus sate sapi. Sebagai teman makan empal gentong, sate kambing dan sapi bisa dipilih traveler. Sedap nikmat!

Seporsi Empal Gentong Mang Darma dibanderol sebesar Rp 25 per porsi, belum termasuk nasi. Rombongan detikTravel yang berisi 3 orang cuma menghabiskan kurang dari Rp 200 ribu untuk makan puas di Empal Gentong Mang Darma. Cukup murah dan ramah di kantong harganya!

Empal Gentong Mang Darma buka setiap hari dari mulai pukul 07.00 pagi hingga tutup sekitar pukul 23.00 malam. Traveler yang liburan di Cirebon boleh banget kalau mau coba kuliner khas yang lezat ini.



Simak Video "Kulineran di Cirebon: Kepiting Saus Padang hingga Udang Bakar"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
dMentor
×
Gara-gara NFT Ghozali
Gara-gara NFT Ghozali Selengkapnya