Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 07 Des 2021 22:47 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Gunung yang Tertinggi di Indonesia, Punya Ketinggian 4.884 Mdpl

Gunung Carstensz Papua
Puncak Carstensz di Papua (Afif/detikTravel)
Wamena -

Mungkin ada di antara traveler yang suka naik gunung. Namun, apakah kamu sudah tahu dimana gunung yang tertinggi di Indonesia?

Bicara penjelajahan gunung memang tak ada habisnya. Indonesia sendiri memiliki banyak gunung, baik yang aktif maupun sudah tak aktif.

Membentang dari Sumatera sampai Papua, masing-masing gunung yang ada memiliki ciri khas dan tantangannya masing-masing. Hanya bicara yang tertinggi, ada satu di Indonesia yang jadi juaranya.

Dihimpun detikTravel dari berbagai sumber, Selasa (7/12/2021), Puncak Jaya Wijaya atau dikenal juga dengan Gunung Carstensz Pyramid adalah titik tertinggi tertinggi Indonesia yang berada di provinsi papua.

Trek Pendakian CarstenszTrek Pendakian Carstensz (Afif Farhan/detikTravel)

Puncak Jaya Wijaya masuk pegunungan Barisan Sudirman yang memiliki ketinggian 4.884 mdpl dengan dikelilingi gletser bernama gletser Carstensz. Gletser tersebut adalah gletser tropika satu-satunya yang dimiliki Indonesia karena jumlah gletser yang lain mulai menipis akibat pemanasan global yang semakin parah.

Selain masuk dalam daftar 10 gunung tertinggi di Indonesia, puncak Jaya Wijaya juga masuk 7 puncak tertinggi di dunia. Puncak ini menjadi tertinggi di Indonesia tepatnya kawasan Oseania.

Puncak ini pada tahun 1963 pernah berganti nama menjadi Puncak Soekarno, sampai akhirnya bernama Puncak Jaya. Nama itulah yang akhirnya masih populer hingga saat ini di kalangan para pendaki gunung selain nama Piramida Carstensz.

Puncaknya yang tertutup sedikit salju dan jalur pendakian bisa jadi rekomendasi traveler untuk menantang menaklukannya. Di beberapa kalangan pendaki, puncak ini terkenal dengan pegunungan yang mematikan.

Oleh sebab itu, mendaki gunung tertinggi di Indonesia Puncak Jaya Wijaya tentu butuh pengalaman dan jam terbang luar biasa. Ada sejumlah persiapan hingga fisik yang diperlukan sebagai modal mendaki.



Simak Video "Menikmati Indahnya Gunung Wayang dengan Paralayang"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA