Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 14 Des 2021 15:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Patung Yesus Kristus Raja, Pelindung Maumere dari Tsunami 1992

Patung Yesus di Taman Doa Maumere.
Patung Yesus Kristus Raja di Maumere (Johanes Randy/detikcom)
Maumere -

Publik di NTT tengah heboh gempa dengan potensi tsunami. Hanya di Maumere, ada patung Yesus yang dipercaya jadi pelindung dari tsunami tahun 1992 silam.

Tepat tadi pagi, gempa Larantuka terjadi pukul 10.20 WIB. Gempa berlokasi di titik koordinator 7,59 Lintang Selatan dan 122,26 Bujur Timur. Diketahui, gempa berpusat di 113 km arah barat laut dari Larantuka dengan titik pusat gempa berada di kedalaman 10 km.

Gempa Larantuka yang terjadi membuat BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami. Peringatan tsunami ini mencapai Sulawesi Selatan hingga Maluku.

Bicara tsunami, kejadian ini bukanlah yang pertama terjadi di tanah Flores. Mundur ke 12 Desember tahun 1992 silam, kala itu tsunami menerjang Maumere, ibukota kabupaten Sikka.

Saat itu air laut tumpah ke darat, dan rumah-rumah hancur diterpa badai. Di tengah bencana itu, ada satu sosok patung yang tetap berdiri tegak dan seakan memberikan perlindungan.

Patung itu adalah Yesus Kristus Raja yang berada di Taman Doa Maumere. detikTravel pun pernah berkunjung ke sana beberapa waktu lalu saat momen Paskah yang silam.

Berlokasi di Jalan Mgr Sugiyopranoto tak jauh dari Pelabuhan L Say, sekilas patung itu tak ubahnya dengan patung serupa yang banyak ditemui di tanah Flores. Namun, masyarakat setempat percaya kalau patung itu adalah sosok pelindung saat tsunami dahsyat tahun 1992 silam di Flores.

Kala itu tim detikTravel bertemu dengan seorang penjaga bernama Frans. Pria yang sudah tampak berumur itu menjelaskan perihal keajaiban yang melingkupi patung tersebut.

Konon kabarnya, patung ini disebut berputar menghadap laut saat tsunami tahun 1992 terjadi di Maumere. Dipercaya kalau patung itu seakan menghalau tsunami dan memberitahukan para nelayan yang sedang melaut untuk kembali.

Fakta menarik lainnya, di bawah patung itu juga tertera tanda tangan dari Santo Yohanes Paulus II yang telah tutup usia. Sebelumnya, sang Paus juga pernah berkunjung ke Indonesia tahun 1989 silam.

Terlepas dari kebenarannya, masyarakat setempat percaya akan mukjizat dari patung Yesus tersebut. Dimana kisah itu semakin mengingatkan masyarakat Maumere untuk kembali mawas diri.



Simak Video "My Trip My Adventure: Eksotisnya Pantai Koka di Maumere"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA