Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 30 Des 2021 11:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Cara Baru Menikmati Kawasan Borobudur: Main Sepeda Listrik

Eko Susanto
detikTravel
Bersepeda listrik di Balkondes Ngadiharjo
Bersepeda listrik di kawasan Borobudur (Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Menikmati keindahan desa-desa di sekitar Candi Borobudur, bisa dilakukan dengan banyak cara. Nah, yang paling baru dengan bersepeda listrik.

Saat keliling tersebut, wisatawan bisa menikmati panorama pegunungan Menoreh maupun potensi yang ada di desa-desa. Terlebih lagi saat libur akhir tahun ini, rupanya keliling dengan sepeda listrik bisa jadi pilihan tersendiri bagi wisatawan.

Terlebih saat mengayuh sepeda listrik, wisatawan akan mendapatkan pengalaman baru, sekaligus bisa merasakan bedanya naik sepeda pada umumnya. detikTravel, pada Rabu (29/12), berkesempatan mencoba mengayuh sepeda listrik di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Ngadiharjo, Kecamatan Borobudur.

Adapun keberadaan Balkondes Ngadiharjo ini lokasinya berjarak sekitar 5 sampai 6 km dari Candi Borobudur. Di Balkondes ini wisatawan disuguhi pemandangan alam berupa pegunungan Menoreh.

Kemudian wisatawan bisa berfoto-foto maupun selfie dengan latar belakang bangunan balkondes maupun pemandangan alam. Sedangkan di sekeliling balkondes merupakan persawahan.

Bersepeda listrik di Balkondes NgadiharjoBersepeda listrik di Balkondes Ngadiharjo Foto: (Eko Susanto/detikcom)

Bahkan jika saat cuaca cerah bisa melihat Gunung Merbabu, Merapi maupun Gunung Sumbing dari kejauhan. Kemudian di balkondes ini juga dilengkapi dengan homestay yang fasilitasnya standar dengan hotel bintang 4.

"Balkondes Ngadiharjo sendiri sponsor (dibangun) PLN. Jadi ini, salah satu balkondes dari 20 balkondes yang ada di Borobudur. Balkondes dibangun untuk ikut menyejahterakan masyarakat yang ada di sekitarnya," kata Supervisor Balkondes Ngadiharjo, Ahmad Syaiful Huda saat ditemui detikTravel, Rabu (29/12/2021).

Pihaknya mengatakan, di Desa Ngadiharjo banyak UMKM seperti perajin kayu, perajin bambu, pembuat makanan maupun lainnya. Kemudian saat wisatawan yang menginap di homestay, nantinya diajak keliling melihat UMKM dengan naik sepeda listrik.

"Salah satunya kalau tamu menginap di Balkondes Ngadiharjo, kita sediakan sepeda listrik untuk menemani mereka berkeliling ke UMKM warga Ngadiharjo. Untuk sepeda listrik sendiri kebetulan punya 10 unit, kebetulan dapat bantuan dari PLN dengan program PLN Peduli," tuturnya.

Keberadaan sepeda listrik tersebut, kata Ahmad, diharapkan untuk memanjakan wisatawan di Balkondes Ngadiharjo. Jika saat ini baru bisa dinikmati tamu yang menginap, nantinya bisa juga untuk pengunjung pada umumnya. Adapun durasi keliling naik sepeda listrik dengan dipandu tersebut sekitar 1,5 sampai 2 jam.

"Dengan sepeda listrik harapannya ke depan untuk memanjakan pengunjung Balkondes Ngadiharjo. Kalau sementara ini baru untuk tamu nginap, harapan kita semuanya tamu yang datang kesini bisa mencoba sepeda tersebut, yang mungkin dengan sewa seperti skuter," ujar dia.

Bersepeda listrik di Balkondes NgadiharjoBersepeda listrik di Balkondes Ngadiharjo Foto: (Eko Susanto/detikcom)

(Halaman Selanjutnya>>>Tiket Sepeda Listrik)

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sakit Hati Jadi Motif Anak Bunuh Keluarganya di Magelang"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA