Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 06 Jan 2022 15:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Majalengka Punya Taman Sejarah, Ada Relief Raksasa Sampai Nama Bupati

Bima Bagaskara
detikTravel
Majalengka -

Selain punya alam memikat, kini Majalengka juga punya taman sejarah. Di dalamnya ada relief raksasa sampai nama bupati terdahulu.

Ruang publik di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat semakin bertambah. Hari ini Kamis (6/1/2022) Pemkab Majalengka meresmikan sejumlah ruang publik yang telah selesai dibangun, salah satunya adalah Taman Sejarah.

Taman Sejarah ini terletak di kawasan Bundaran Munjul, Kecamatan Majalengka yang dilengkapi informasi tentang pemimpin Majalengka dari masa ke masa dan lengkap dengan fotonya.

Di taman ini juga terdapat relief raksasa yang memiliki panjang sekitar 30 meter dan tinggi 4 meter. Relief ini menceritakan tentang peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi di Majalengka sejak abad 13 hingga 18.

Taman sejarah di Majalengka.Traveler bisa menjumpai nama bupati terdahulu (Bima Bagaskara/detikTravel)

Bupati Majalengka Karna Sobahi mengatakan Taman Sejarah ini dibuat sebagai pusat edukasi masyarakat yang belum tahu tentang sejarah Majalengka dari mulai awal terbentuk hingga sekarang.

"Jadi taman sejarah ini dijadikan pusat edukasi untuk rakyat. Rakyat harus tahu bagaimana proses adanya kabupaten Majalengka. Divisualisasi dengan taman ini," kata Karna seusai meninjau Taman Sejarah.

Taman sejarah di Majalengka.Terdapat juga relief berukuran raksasa (Bima Bagaskara/detikTravel)

Nantinya setiap orang yang datang ke Taman Sejarah ini akan diberi penjelasan oleh guide yang telah disediakan untuk menjelaskan apa saja yang ada di taman ini.

"Jadi nanti setiap wisatawan yang datang akan diberi penjelasan oleh guide yang ada di taman ini. Jadi semua yang ada disini ada maknanya. Ada nama-nama bupati dari awal sampai sekarang," ungkapnya.

"Mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat sebagai pusat edukasi," ujar Karna menambahkan.

Untuk diketahui, Taman Sejarah ini dibangun dengan biaya senilai Rp 3,5 miliar yang berasal dari dana APBD Majalengka.

(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA