Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 08 Jan 2022 06:41 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Rasuna Garden, Pilot Project Food Street Halal Aman dan Sehat di Jakarta

Rasuna Garden
Foto: Rasuna Garden Food Street (Tasya Khairally/detikcom)
Jakarta -

Tak hanya jadi tempat rekomendasi untuk nongkrong bareng teman. Semua hidangan Rasuna Garden Food Street juga terjamin kehalalannya.

Berlokasi di Epicentrum, Kuningan, Rasuna Garden Food Street sudah berdiri selama 4 tahun. Namun, pada 20 Desember lalu, area ini ditetapkan sebagai Kawasan Halal Aman dan Sehat (KHAS).

Rasuna Garden Food StreetRasuna Garden Food Street Foto: (Tasya Khairally/detikcom)

"Ini program dari komite nasional ekonomi keuangan syariah yang dipimpin langsung oleh Bapak Presiden yang ketua hariannya bapak Wakil Presiden yang kemudian bersinergi dengan departemen agama Kementerian Agama kemudian dari Kementerian Kesehatan, dari Kementerian koperasi dan UMKM," kata pendiri Rasuna Garden Food Street, Afif Malik.

"Satu satu kuliner di sini itu ditelaah diajari bagaimana aman dan sehat itu, makanannya harus bagaimana, kemudian dapurnya mesti bagaimana kebersihan nya mesti bagaimana dan seterusnya dan seterusnya," dia menambahkan.

Proses penetapan Rasuna Garden menjadi zona KHAS dilakukan selama dua bulan. Semua makanannya dipastikan diproses dengan cara halal, begitu pun bahan-bahan yang dipakai.

"Pada saat kita hadir kita menikmati kuliner di sini ya sudah otomatis semua menunya halal. Berprosesnya menjadi makanan matang ya aman dan sehat, termasuk airnya kita lab dari Kemenkes itu sendiri. Menunya lauknya semua masuk lab apakah ini mengandung pengawet, apa tidak prosesnya bagaimana minyaknya bagaimana semua. proses itu panjang, nah ini menjadi pilot projek secara nasional," kata Afif.

Rasuna GardenRasuna Garden Foto: (Tasya Khairally/detikcom)

Selain itu, untuk meyakinkan pengunjung, semua restoran atau UMKM juga diproses untuk mendapatkan sertifikat halal dari MUI.

"Ini instansi ini hadir di sini sehingga semua yang namanya kuliner itu memiliki sertifikasi halal aman dan sehat yang kemudian itu kalau dia menjual secara publik misalnya by online, dan seterusnya itu ya dia sudah cukup modal itu," kata Afif.

Tujuan dari penentuan kawasan KHAS ini adalah untuk mengembangkan kawasan-kawasan rumah makan yang basisnya memang aman halal dan sehat. Secara kawasan kuliner pilot project-nya adalah di Rasuna Garden Food Street.

"Kami sangat syukuri itu dan kami sangat terima kasih kepada instansi instansi terkait pemerintah yang sudah membantu kami untuk ikut memperhatikan UMKM-UMKM yang ada di kami," kata Afif.

Untuk sertifikasi halal semua UMKM kini masih dalam proses. Ada sekitar dua tempat yang sudah mengantonginya.

"Itu kan prosesnya kan akurasinya segala macamnya tapi secara aman sudah.dan halalnya sebenarnya memang semua MOU kami dengan pedagang syarat saya ya halal. tidak boleh ada minuman keras tidak boleh ada bumbu tidak ada makanan yang dalam tanda kutip kategori nya itu tidak halal. memang sejak awal itu," kata Afif.



Simak Video "Rasuna Garden Jadi Percontohan Kuliner Halal, Aman, dan Sehat"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA