Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 09 Jan 2022 14:05 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Menyambangi Kedai Edukasi di Purworejo, Ada Mini Zoo-Ka'bah

Rinto Heksantoro
detikTravel
Kedai Edukasi Purworejo Menawarkan Mini Zoo - Kabah
Miniatur Ka'bah di Kedai Edukasi Purworejo. Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Purworejo -

Sebuah kedai di Purworejo, Jawa Tengah menawarkan konsep wisata edukasi untuk menarik pengunjung. Tak hanya menyajikan kuliner, kedai ini juga menyediakan kebun binatang mini, masjid apung hingga miniatur Ka'bah.

Kedai tersebut terletak di Jl Jenderal Gatot Subroto No 370, Kelurahan Baledono, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo. Berbeda dengan rumah makan lainnya, kedai yang dikelola oleh Isnaeni Maryam (35) ini menawarkan konsep wisata edukasi. Latar belakang Perbukitan Menoreh menambah pemandangan semakin indah.

Kedai Edukasi Purworejo Menawarkan Mini Zoo - Ka'bahMasjid apung di Kedai Edukasi Purworejo. Foto: Rinto Heksantoro/detikcom

Tak hanya menyajikan kuliner, kedai ini juga menyediakan kebun binatang mini, masjid apung yang berdiri di atas kolam ikan hingga miniatur Ka'bah. Meski baru dibuka selama tiga bulan, tempat ini sudah ramai diserbu pengunjung terutama anak-anak.

"Untuk kedai Take Me Coffee ini konsepnya adalah wisata edukasi, jadi selain kita kuliner kita juga edukasi dengan wahana yang ada di belakang, tersedia mini zoo kemudian ada latihan panahan, ada miniatur Ka'bah. Bukanya September 2021 kemarin. Kita buka baru 3 bulan," kata Isnaeni saat ditemui detikcom di kedainya, Minggu (9/1/2022).

Kedai Edukasi Purworejo Menawarkan Mini Zoo - Ka'bahMini Zoo. Foto: Rinto Heksantoro/detikcom

Di area seluas 2 hektar tersebut, pengunjung juga bisa berfoto di spot-spot yang ada seperti di atas kolam, berfoto bersama hewan, berfoto di depan miniatur Ka'bah atau bahkan latihan Tawaf seperti saat menjalani ibadah umrah dan haji. Selain digunakan untuk beribadah, masjid apung yang terlihat megah pun bisa dijadikan sebagai spot foto yang apik.

Berbagai jenis hewan seperti aneka burung langka, rusa, kijang, kera, monyet, kelinci, ikan, kambing hingga buaya tersedia di halaman belakang. Pengunjung pun bisa memberi makan satwa-satwa tersebut dengan makanan yang telah disediakan. Ibu tiga anak tersebut berharap, wahana edukasi miliknya ini akan semakin ramai dikunjungi.

"Untuk hewannya ada aneka burung, rusa, kijang, buaya, monyet, ikan, kelinci, kambing dan lain-lain. Untuk ke depannya karena ini wilayahnya bagus untuk sarana edukasi anak-anak, harapannya akan semakin ramai apalagi di daerah Purworejo minim sekali untuk wahana-wahana edukasi," imbuhnya.

Pengunjung yang datang bisa langsung berkeliling ke wahana yang ada kemudian mampir di kedai untuk mencicipi kuliner yang ada, atau sebaliknya. Berbagai menu lezat yang menggugah selera dengan harga yang murah meriah pun siap memanjakan lidah pengunjung. Perlu dicatat, kedai ini buka setiap hari dari jam 10.00 WIB - 17.00 WIB.

Kedai Edukasi Purworejo Menawarkan Mini Zoo - Ka'bahKedai Edukasi Purworejo Menawarkan Mini Zoo - Ka'bah. Foto: Rinto Heksantoro/detikcom

Selain menu andalan ayam lengkuas dan ayam woku khas Manado, ada makanan dan camilan lain yang tak boleh dilewatkan seperti empek-empek Palembang, Geblek Purworejo hingga keripik kopi. Minuman wedang telang dan kopi tubruk khas kedai ini cocok sebagai pendamping kuliner yang ada.

"Untuk kedai menunya ada ayam lengkuas sama ayam woku, kalau keripik kopi ada lima varian rasa yaitu original, banana melted, kemudian strawberry melted, green tea melted dan cokelat melted, yang paling best seller itu yang original sama cokelat melted. Itu dari biji kopi lokal asli dari daerah Pamriyan (Kecamatan Pituruh, Purworejo)," jelasnya.

Kedai Edukasi Purworejo Menawarkan Mini Zoo - Ka'bahKopi. Foto: Rinto Heksantoro/detikcom

Sementara itu, salah satu pengunjung Virja Maulana Putra (7) yang datang bersama keluarganya mengaku senang bisa berkunjung ke tempat itu. Selain menikmati kuliner yang ada, ia juga bisa memberi makan kawanan kijang yang belum pernah ia lakukan sebelumnya.

"Tadi ke sini makan dulu pakai ayam terus muter-muter lihat hewan terus kasih makan rusa. Tadi juga lihat buaya, seneng ada kebun binatang mini, besok mau ke sini lagi," ucapnya.



Simak Video "Motif Pembunuhan Wanita di Purworejo: Sakit Hati Ditinggal Nikah"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA