Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Jan 2022 21:02 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ada Onsen dengan Kearifan Lokal di Kaki Gunung Ijen

Putu Intan
detikTravel
Pemandian air panas Blawan
Pemandian Air Panas Blawan Foto: Putu Intan/detikcom
Bondowoso -

Di Gunung Ijen, terdapat pemandian air panas yang diburu wisatawan untuk relaksasi. Berada di tengah hutan, tempat ini cocok untuk healing.

Wisata ke Gunung Ijen tak melulu harus mendaki gunung. Traveler yang ingin bersantai, bisa lho datang ke Pemandian Air Panas Blawan di Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso.

Punya 4 Kolam

Pemandian Air Panas Blawan merupakan tempat yang istimewa karena air panasnya berasal dari kandungan kawah belerang. Di sana tersedia empat kolam yang airnya mengandung berbagai mineral seperti sulfur (belerang), magnesium, natrium, dan kalium.

Suhu air panas di sana berkisar antara 30-50 derajat celcius. Dengan udara pegunungan yang sejuk dan cenderung dingin, berendam di dalam kolam air panas ini akan membuat tubuh nyaman.

Selain untuk relaksasi, Pemandian Air Panas Blawan juga kerap didatangi wisatawan yang ingin melakukan terapi kesehatan. Hal itu diungkapkan salah satu pengelola kawasan tersebut, Fendi.

"Kebanyakan yang datang ke sini untuk terapi seperti asam urat dan gatal-gatal," kata dia.

Meskipun lokasinya terpencil, Fendi mengatakan sudah banyak wisatawan dari berbagai daerah yang mampir ke sana. "Paling jauh pernah ada dari Medan. Lalu Jakarta dan Surabaya. Tapi kebanyakan dari Bondowoso," ujarnya.

Fasilitas di Pemandian Air Panas Blawan

Selain memiliki kolam air panas, Pemandian Air Panas Blawan juga dilengkapi fasilitas seperti mushola, toilet, gazebo, warung makan, hingga tempat parkir kendaraan roda dua dan roda empat.

Jam buka dan tarif masuk Pemandian Air Panas Blawan

Pemandian Air Panas Blawan ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Untuk tiket masuknya, wisatawan dikenakan tarif Rp 10.000. Kemudian untuk parkir, roda dua dikenakan Rp 2.000 dan mobil Rp 4.000.



Simak Video "Seru-seruan Berendam di Kolam Air Panas, Bangka"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA