Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 15 Jan 2022 21:12 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Destinasi Wisata Borobudur Edupark Magelang Resmi Dibuka

Eko Susanto
detikTravel
Destinasi wisata yang baru, Borobudur Edupark di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, sudah bisa dinikmati wisatawan. Di lokasi ini wisatawan akan bisa belajar memahat bebatuan maupun pengalaman lainnya.
Foto: Eko Susanto
Magelang -

Destinasi wisata yang baru, Borobudur Edupark di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, sudah bisa dinikmati wisatawan. Di lokasi ini wisatawan akan bisa belajar memahat bebatuan maupun pengalaman lainnya.

Borobudur Edupark sendiri berada di Dusun Batikan, Pabelan, Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasi persisnya berada di sisi kiri dari arah Jogja-Magelang dan kanan jalan dari arah Magelang menuju Jogja.

Untuk soft opening sendiri telah dimulai, Sabtu (15/1/2022. Dimana dalam soft opening ini ditandai dengan doa dan pemotongan tumpeng yang dilakukan KH Muhammad Yusuf Chudlori atau yang biasa disapa Gus Yusuf.

Peresmian dihadiri juga Dirut PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) Edy Setijono dan tamu undangan lainnya. Dalam soft opening ini juga dimeriahkan dengan Tari Jingkrak Sundang.

Destinasi wisata yang baru, Borobudur Edupark di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, sudah bisa dinikmati wisatawan. Di lokasi ini wisatawan akan bisa belajar memahat bebatuan maupun pengalaman lainnya.Dirut PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) Edy Setijono Foto: Eko Susanto

"Hari ini, kita bersyukur, kita senang sekali Pak Nyoman (I Nyoman Alim Mustapha), salah satu seniman besar yang kita miliki. Kebetulan beliau memang sudah cukup lama di Magelang, beliau punya workshop ini sangat bagus sekali. Workshopnya tidak hanya sekadar produk, tapi ini menjadi diplomasi keluar," kata Edy di sela-sela soft opening, Sabtu (15/1/2022).

Menurut Edy, I Nyoman Alim Mustapha sudah membuat banyak sekali elemen-elemen replika yang dibawa menuju luar negeri. Baik itu berada di Vietnam, Belgia maupun lainnya.

"Kita ingin mengapresiasi elemen masyarakat yang seperti itu. Oleh karenanya Taman Wisata Candi kolaborasi sama workshopnya Pak Nyoman, Nakula Sadewa ini. Yang tadinya sekadar workshop, tapi kita ingin buka ini menjadi wahana. Wahananya, tapi karena ini workshop, kemudian tidak hanya sekadar orang untuk melihat karena disini ada proses. Proses edukasi itulah yang dipilih makanya kita beri nama Borobudur Edupark," tutur Edy.

"Bagaimana nanti wisatawan bisa kesini belajar tentang ke-Borobuduran dan tentang teknik-teknik kreativitas yang hampir sama ketika Borobudur itu dibuat. Disini ada teknik pahat dan lain-lain yang bisa dipelajari oleh wisatawan," katanya.

Di Borobudur Edupark, kata dia, nantinya wisatawan bisa mendapatkan pengalaman baru. Keberadaan ini diharapkan bisa memperkuat Candi Borobudur.



Simak Video "Borobudur Edupark, Berwisata Sambil Belajar Memahat"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA