Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 16 Jan 2022 08:11 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

6 Destinasi Wisata di Sekitar Mandalika

Femi Diah
detikTravel
Mandalika dihadirkan dengan sejuta pesonanya. Salah satunya adalah berburu sunset sambil melihat Sirkuit Mandalika. Seperti ini nih

Yups, travelers bisa coba datang ke bukit Seger ini. Lokasinya persis bersebelahan dengan Sirkuit Mandalika yang bakal jadi ajang MotoGP 2022 loh.
Wisata Mandalika (Rachman_punyaFOTO)
Jakarta -

MotoGP Mandalika dihelat tidak lama lagi. Buat traveler yang akan menyaksikanya, ini deretan destinasi wisata di Lombok yang bisa disinggahi nanti.

Sirkuit Mandalika diresmikan pada 12 November 2021. Sebagai ajang pemanasan menuju MotoGP Mandalika yang dijadwalkan 18-20 Merat, digelar Kejuaraan Dunia Superbike atau Superbike World Championship (WSBK) 2021.

Untuk menyambut MotoGP Mandalika, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Mandalika)/The Mandalika menggeber persiapan.

Antara lain, menambah kapasitas penonton sejumlah lebih dari 50.000 seats yang ditargetkan selesai pada bulan Maret 2022 sebelum perhelatan MotoGP berlangsung. Kapasitas penonton ini lebih banyak dibandingkan WSBK 2021 guna mengantisipasi animo penonton yang tinggi terhadap event balap berkelas dunia ini.

Selain mengerjakan sejumlah proyek, ITDC Group juga tengah menyiapkan sejumlah kebutuhan utilitas pendukung penyelenggaraan MotoGP antara lain penyediaan air bersih dengan volume 4.800 m3, suplai tenaga listrik untuk sirkuit sebesar 5,19 KVa, penguatan kapasitas ICT mencapai 1.000 Mbps pada hari balap.

Selain menyuguhkan langsung pemandangan Samudra Hindia, sirkuit ini ternyata juga berjarak tak jauh dari beberapa tempat wisata unggulan hingga hidden gem yang ada di Mandalika.

Berikut enam destinasi wisata di sekitar Mandalika:

1. Pantai Seger

Letaknya yang tidak jauh dari Pantai Kuta atau berjarak sekitar 9 menit berkendara, Pantai Seger cukup akrab dengan wisata kebudayaan. Pantai ini mempunyai event tahunan yang seru bernama, Bau Nyale.

Pantai Seger Lombok yang bersebelahan langsung dengan Sirkuit Mandalika menjadi daya tarik tersendiri sebagai eco Sport Tourism yang memang dijual dan tawarkan kepada wisma dan wislok di Lombok NTBPantai Seger Lombok yang bersebelahan langsung dengan Sirkuit Mandalika menjadi daya tarik tersendiri sebagai eco Sport Tourism yang memang dijual dan tawarkan kepada wisma dan wislok di Lombok NTB (Rachman_punyaFOTO)

Ratusan warga berkumpul di pinggir pantai untuk mengumpulkan cacing laut jelmaan Putri Nyale. Sosok legenda yang rela menceburkan diri ke dalam laut supaya tidak terjadi perpecahan di Lombok.

2. Pantai Tanjung Bongo

Pantai Tanjung Bongo terletak di balik Bukit Merese dan bisa dicapai dengan berjalan kaki. Pantai Tanjung Bongo terbilang masih sepi dan bersih, plus belum banyak yang tahu akan pantai ini.

Pasirnya yang putih halus, makin cantik dengan kombinasi air lautnya yang bening. Di pinggir pantainya terdapat semacam kolam atau jacuzzi alami yang asyik digunakan untuk berendam dan berenang.

3. Bukit Merese

Berjarak sekitar 12 menit berkendara dari Sirkuit Mandalika, Bukit Merese wajib masuk ke dalam daftar tempat yang harus Anda datangi.

Bukit Merese, LombokBukit Merese, Lombok (A Endin Yoga Pradana/d'Traveler)

Meski membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk bisa naik ke puncak bukit, namun lelah serasa akan langsung terbayar oleh cantiknya panorama Mandalika dari ketinggian. Garis Pantai Tanjung Aan dan Pantai Kuta serta gradasi warna biru air lautnya semakin memanjakan mata.

Ditambah lagi, rerumputan hijau dan semilir angin laut yang siap menyambut. Datanglah pada petang hari bila ingin melihat matahari terbenam dan kenakan alas kaki yang nyaman untuk mendaki santai.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA