Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 18 Jan 2022 09:06 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengejar Sunrise di Gunung Bromo Tengger Semeru

bonauli
detikTravel
Awal mulanya keindahan Bromo hanya dikenal dengan dua destinasi favorit yakni menikmati Sunrise dan Kawah Bromo saja. Tapi, sejak dibuka pintu masuk lewat Malang, kini bertambah tujuan wisatanya.

Lautan pasir Bromo, Bukit Teletubbies dan padang savana yang terbentang luas.
Bukit Teletubbies di Gunung Bromo (Rachman_punyaFOTO)
Malang -

Bicara Gunung Bromo tak bisa lepas dari penjelajahan alam dan sunrise. Berkendara dengan mobil jip, perburuan sunrise jadi semakin menyenangkan.

detikTravel bersama Toyota Corolla Cross Hybrid Road Trip Explore Mandalika melakukan perjalanan ke Gunung Bromo Tengger Semeru baru-baru ini. Kami melewati jalur Kota Malang.

Saat itu Gunung Bromo belum sepenuhnya dibuka. Hanya Jalur Malang saja yang dibuka saat itu. Bersama Patrick, pemandu wisata jip, menjelaskan tentang wisata sunrise yang digemari oleh wisatawan.

"Biasanya ngejar sunrise itu jam 3, jadi wisatawan dijemput jam 12 malam," ucap Patrick.

Totalnya ada 2.500 jip yang beroperasi di Gunung Bromo. Patrick sendiri sudah menjadi pemandu jip sejak tahun 2013. Saat pandemi Gunung Bromo sempat tutup, dirinya melakukan penjelajahan overland ke Bali, Kawah Ijen dan Menjangan.

Awal mulanya keindahan Bromo hanya dikenal dengan dua destinasi favorit yakni menikmati Sunrise dan Kawah Bromo saja. Tapi, sejak dibuka pintu masuk lewat Malang, kini bertambah tujuan wisatanya.Lautan pasir Bromo, Bukit Teletubbies dan padang savana yang terbentang luas.Bukit Teletubbies Foto: Rachman_punyaFOTO

"Per orangnya Rp 300 ribu PP, kalau open trip 350 PP. Itu sudah dijemput di penginapan," jelasnya.

Rute yang diberikan adalah sunrise point, kawasan savana, Bukit Teletubbies dan pasir berbisik. Kalau kepagian kamu juga bisa pilih trip kedua, tentu tanpa perburuan sunrise.

Saat berkunjung ke sana, jalur yang dibuka hanya Bukit Teletubbies saja. Tapi tak mengurangi kekaguman wisatawan yang datang ke Gunung Bromo.

Awal mulanya keindahan Bromo hanya dikenal dengan dua destinasi favorit yakni menikmati Sunrise dan Kawah Bromo saja. Tapi, sejak dibuka pintu masuk lewat Malang, kini bertambah tujuan wisatanya.Lautan pasir Bromo, Bukit Teletubbies dan padang savana yang terbentang luas.Wisata jip di Gunung Bromo Foto: Rachman_punyaFOTO

Ada yang datang bersama pasangan bahkan anak-anak. Mereka menikmati wisata kuda yang ada di sana.

Tulisan Bukit Teletubbies menjadi tempat foto yang paling digemari. Berlatarkan perbukitan hijau, foto-foto traveler dijamin indah.

Awal mulanya keindahan Bromo hanya dikenal dengan dua destinasi favorit yakni menikmati Sunrise dan Kawah Bromo saja. Tapi, sejak dibuka pintu masuk lewat Malang, kini bertambah tujuan wisatanya.Lautan pasir Bromo, Bukit Teletubbies dan padang savana yang terbentang luas.Awal mulanya keindahan Bromo hanya dikenal dengan dua destinasi favorit yakni menikmati Sunrise dan Kawah Bromo saja. Tapi, sejak dibuka pintu masuk lewat Malang, kini bertambah tujuan wisatanya.Lautan pasir Bromo, Bukit Teletubbies dan padang savana yang terbentang luas. Foto: Rachman_punyaFOTO

"Dalam sehari paling banyak dua kali trip, tamu pulang jam 4 sore," jelasnya.

Lewat dari situ, Gunung Bromo akan berkabut. Sehingga tak ada lagi yang bisa dilihat. Sementara perjalanan turun cukup curam.

Buat yang belum tahu, untuk bisa masuk ke Gunung Bromo, wisatawan harus menyewa jip atau motor trail. Wisatawan dilarang untuk membawa kendaraan sendiri, karena trek yang curam.

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Libur Lebaran, Wisata Gunung Bromo Dipadati Wisatawan Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA