Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 20 Jan 2022 09:03 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini SJ88, Negeri di Atas Awan Versi Kota Jember

Yakub Mulyono
detikTravel
wisata sj88 di jember
Foto: Dok. Kepala Desa Sucopangepak
Jember -

SJ88 di Jember disebut sebagai negeri di atas awan. Dari lokasi wisata yang merupakan puncak gumuk (bukit) itu, hamparan luas Kota Jember tampak indah terlihat.

Saat berada di puncak bukit, pengunjung serasa berada di atas awan. Karena dari puncak lokasi wisata SJ88, pengunjung serasa berada di titik tertinggi dan bisa melihat luasnya keindahan alam sekitar.

Lokasi wisata SJ88 berada di Desa Sucopangepok, Kecamatan Jelbuk, Jember. Wisata ini dikelola oleh Perhutani dan masyarakat sekitar yang peduli akan lingkungan.

Lokasi wisata ini diberi nama cukup unik yakni SJ88. Merupakan sebuah akronim dari S (Sucopangepok), J (Jelbuk), dan 88 adalah angka yang menunjukkan lokasi wisata itu.

wisata sj88 di jemberWisata SJ88 di Jember. Foto: Dok. Kepala Desa Sucopangepak

Karena lokasi wisata SJ88 berada di ketinggian 880 meter di atas permukaan laut (mdpl). Namun ada juga yang bilang penyebutan angka 88 ini, dipilih karena ada salah satu batu di lokasi wisata itu, yang berbentuk angka 8.

Untuk menuju lokasi wisata SJ88 tidak sulit. Bagi pengunjung yang akan menuju ke lokasi wisata alam itu. Cukup berangkat dengan menggunakan motor atau mobil pribadi, bahkan bisa juga menggunakan sarana angkutan umum.

Jarak pusat Kota Jember ke lokasi wisata SJ88, berjarak kurang lebih 10 kilometer ke arah utara. Untuk waktu tempuh perjalanan juga tidak terlalu lama, kurang lebih 30 menit.

Lokasi wisata SJ88, sangat cocok bagi pengunjung yang menyukai olahraga kegiatan hiking (naik gunung). Pasalnya saat menuju lokasi, harus ditempuh dengan berjalan kaki dengan melewati jalanan yang penuh tanjakan.

Namun rasa lelah saat menanjak, terbayarkan dengan indahnya sisi kanan dan kiri jalan yang penuh dengan hamparan hijau sawah dan pepohonan rindang.

Jika lelah, tak perlu susah. Cukup bawa air mineral secukupnya. Juga ada tempat-tempat peristirahatan untuk tempat menghela napas sejenak sebelum menuju puncak.

Sampai di lokasi puncak, semua lelah itu tentu tergantikan dengan indahnya hamparan hijau. Berada di lokasi SJ88 serasa berada di atas awan.

Ada banyak spot foto menarik yang memiliki latar belakang keindahan alam. Capek saat mendaki pun membuat rasa lelah itu pun hilang.

Tiket masuk ke SJ88 terbilang murah. Cukup dengan merogoh kocek Rp 5 ribu, pengunjung sudah dapat masuk ke lokasi wisata.

wisata sj88 di jemberWisata SJ88 di Jember. Foto: Dok. Kepala Desa Sucopangepak

Nominal Rp 5 ribu itu, hanya sebagai biaya parkir saat pengunjung datang ke lokasi wisata SJ88. Saat butuh jasa guide (penunjuk jalan) lokal, pengunjung harus merogoh kocek lagi Rp 5 ribu. Namun itu, tentunya menjadi pilihan pengunjung sendiri.

Pasalnya dengan menyewa tenaga penunjuk jalan lokal, akan dijelaskan tentang di mana spot-spot foto menarik. SJ88 adalah objek wisata alam perbukitan yang layak dikunjungi.

Rumah pohon yang jumlahnya cukup banyak, payung menggantung warna-warni sepanjang jalan, menjadi pilihan dan keindahan tersendiri di lokasi wisata tersebut.

Bahkan jika lapar, pengunjung juga bisa menikmati kuliner sederhana yang disediakan pengelola. Pengunjung juga bisa menikmati sendiri makanan yang dibawa dari rumah di area camping.

Jika beruntung, sajian kuliner itu bisa sekaligus dinikmati dengan memandang kabut yang menggantung di depan mata. Seolah berada di atas awan. Terlebih jika bisa melihat matahari terbit atau tenggelam yang begitu indah.

Salah seorang pengunjung SJ88 warga Kabupaten Lumajang, Andi Wirawan mengatakan jika lokasi wisata yang dikunjunginya memiliki kekhasan tersendiri.

wisata sj88 di jemberWisata SJ88 di Jember. Foto: Dok. Kepala Desa Sucopangepak

"Berbeda dengan di Lumajang, yang juga ada lokasi wisata sejenis. SJ88 menyuguhkan pemandangan indah dengan pemandangan hamparan hijau sawah, pepohonan rimbun, dan juga hamparan luas wilayah Kota Jember. Beda banget dan indah," kata Andi, Minggu (2/1/2022).

Tiket masuk lokasi, kata Andi, juga terbilang murah. "Lumayan banget, Rp 5 ribu. Itu sudah murah," katanya.

Pria yang juga mahasiswa S2 di salah satu universitas ternama di Jember ini, juga mengaku beruntung berkunjung ke SJ88 saat sepi pengunjung.

"Tadi berangkat sempat ragu mungkin ramai, karena spot fotonya bagus dan hari Minggu. Tapi setelah sampai Alhamdulillah tadi pagi sekitar pukul 8 sepi. Jadi puas bisa berfoto dan menikmati alam dengan hening. Lumayan buat kenang-kenangan di Instagram," ujarnya.

"Kalau datang agak pagi, jadi masih sempat menikmati semilir angin, hijaunya pohon dan pemandangan kota Jember dari ketinggian," sambungnya.

Objek wisata yang mulai ramai di kunjungi pada awal 2016 ini dikelola secara profesional oleh warga sekitar dengan didampingi oleh Perhutani Kabupaten Jember. Pasalnya lokasi bukit tempat SJ88, adalah kawasan milik Perhutani Jember.

Artikel ini telah tayang di detikJatim. Untuk informasi dan berita seputar Surabaya, Malang, dan daerah-daerah di Jatim, klik di sini



Simak Video "Kisah Pemilik Kue Kacang Di Jember yang Raup Omzet Ratusan Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA