Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 30 Jan 2022 20:12 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

7 Lokasi yang Kental dengan Perayaan Imlek di Tanah Air

Femi Diah
detikTravel
Pagoda Taman Alam Lumbini terletak di Desa Tongkoh, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Selasa (27/8/2013). Hawa sejuk berkabut di kaki Gunung Sibayak, menyambut wisatawan di areal taman seluas 30 hektar itu.
Pagoda Taman Lumbini di Karo salah satu yang kental dengan perayaan Imlek. (Dikhy Sasra/detikcom)
Jakarta -

Perayaan tahun baru Imlek 2022 tidak lama lagi. Ini tujuh lokasi yang kental dengan perayaan tahun baru yang jatuh pada 1 Februari nanti.

Indonesia memiliki sejumlah kawasan pecinan. Setiap tahun baru Imlek tiba, kawasan itu berubah serba merah, ornamen khas Imlek.

Berikut tujuh lokasi di Indonesia yang kental dengan perayaan Imlek:

1. Pagoda Taman Alam Lumbini, Karo

Pagoda Taman Alam Lumbini terletak di Desa Tongkoh, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Selasa (27/8/2013). Hawa sejuk berkabut di kaki Gunung Sibayak, menyambut wisatawan di areal taman seluas 30 hektar itu.Pagoda Taman Alam Lumbini terletak di Desa Tongkoh, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Selasa (27/8/2013). Hawa sejuk berkabut di kaki Gunung Sibayak, menyambut wisatawan di areal taman seluas 30 hektar itu. (Dikhy Sasra/detikcom)

Pagoda Taman Alam Lumbini berada di Desa Tongkoh, Berastagi, Karo, Sumatra Utara. Pagoda ini merupakan replika Pagoda Shwedagon atau Pagoda Dagon Emas, sebuah stupa atau pagoda setinggi 98 meter berlapis emas di Yangon, Myanmar.

Memiliki warna keemasan, Pagoda Taman Alam Lumbini sama megahnya dengan Pagoda Dagon Emas.

2. Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang

Semarang, Central Java, Indonesia (January 22nd, 2020), The Main Temple in Sam Poo Kong Complex, an iconic and heritage landmark, become a popular tourist destination in the city.Pagoda Sam Poo Kong, bangunan ikonik dan landmark Semarang. (Shutterstock)

Kelenteng Sam Poo Kong berada di Jalan Simongan No. 129, Semarang. Kelenteng ini merupakan salah satu bangunan bersejarah sekaligus tempat ibadah dan wisata. Kelenteng ini didirikan dengan tujuan untuk menghormati Laksamana Cheng Ho.

Dengan arsitektur khas Tionghoa, kelenteng ini menjadi destinasi seru yang dapat Anda kunjungi ketika perayaan Tahun Baru Imlek.

3. Singkawang, Kalimantan Barat

Kota Seribu Kelenteng atau Kota Singkawang merupakan salah satu kota sebagai pusat perayaan Tahun Baru Imlek terbesar di Indonesia.

Suasana lampion di Singkawang menjelang ImlekSuasana lampion di Singkawang menjelang Imlek. (Wahyu Setyo Widodo/detikTravel)

Berasal dari kata "San Kew Jong" dalam bahasa Hakka, Singkawang memiliki arti kota di kaki gunung dekat muara laut. Terdapat patung Naga di tengah kota yang menjadi ciri khas dari kota ini. Naga dipercaya sebagai lambang kekuatan dan keberuntungan oleh masyarakat Tionghoa.

4. Maha Vihara Adhi Maitreya, Medan

Disebut sebagai vihara terbesar di Indonesia, Maha Vihara Adhi Maitreya berlokasi di komplek perumahan Cemara Asri, Jalan Boulevard Utara No. 95-5, Medan, Sumatra Utara.

Vihara ini terbagi menjadi tiga gedung utama yaitu; Buddha Sakyamuni, Bodhisatva Avalokitesvara, dan Bodhisatva Satyakalama. Arsitektur vihara yang unik membuatnya seolah-olah tidak berada di Indonesia.

5. China Town, Jakarta

Berbagai persiapan dilakukan warga Tionghoa di Petak Sembilan, Jakarta, untuk menyambut Imlek. Pernak-pernik warna merah telah menghias perkampungan mereka.Berbagai persiapan dilakukan warga Tionghoa di Petak Sembilan, Jakarta, untuk menyambut Imlek. Pernak-pernik warna merah telah menghias perkampungan mereka. (Rengga Sencaya/detikcom)

Glodok atau yang dikenal sebagai Chinatown Jakarta merupakan kawasan pecinan tertua di Jakarta.

Traveler dapat berkunjung ke Pasar Petak Sembilan ataupun kelenteng-kelenteng yang ada di sekitar Glodok saat Tahun Baru Imlek untuk merasakan suasana yang berbeda.

Selain itu, traveler juga menikmati wisata kuliner khas Pecinan di sana, tepatnya di Gang Gloria.

6. Kelenteng Sanggar Agung, Surabaya

Kelenteng Sanggar AgungKelenteng Sanggar Agung Surabaya Foto: (Brigida Emi Lilia/d'Traveler)

Terletak di Jalan Sukolilo No. 100, Kelenteng Sanggar Agung sering kali dikenal dengan sebutan Kelenteng Hong Sang Tang. Patung Dewi Kwan Im dengan ketinggian 20 meter menjadi ikon dari kelenteng ini sekaligus membuat tampilannya menjadi semakin megah.

Kelenteng Sanggar Agung memiliki bangunan yang unik karena pada bagian atapnya menggunakan corak bangunan Jawa. Sedangkan pada bagian bawahnya kental akan nuansa Bali sehingga kelenteng ini tidak terkesan hanya unsur budaya Tionghoa.

7. Pasar Gede, Solo

Jelajah Harmoni Pasar Gede, Solo, Minggu (30/1/2022).Jelajah Harmoni Pasar Gede, Solo, Minggu (30/1/2022). Foto: Kartika Bagus/detikcom

Pasar Gede Solo bersolek habis-habisan menyambut tahun baru Imlek. Lampion warna-warni dipasang di sepanjang jalan di kawasan pecinan terbesar di kota Solo.



Simak Video "Vihara Dharma Bhakti Pastikan Gelar Imlek Secara Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA