Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 01 Feb 2022 14:11 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ada Vihara di Atas Batu, Bisa Sembuhkan Anak Kecil Sakit-Rewel

Vihara Sak Ku Thai Bong
Foto: Vihara Sak Ku Thai Bong (Wahyu Setyo Widodo/detikTravel)
Singkawang -

Singkawang dikenal sebagai kota 1.000 vihara. Salah satunya adalah Vihara Sak Ku Thai Bong. Anak kecil yang sakit-sakitan atau rewel bisa disembuhkan di sini.

Singkawang punya banyak vihara dengan kisah dan kelebihannya masing-masing. Salah satunya adalah Vihara Sak Ku Thai Bong yang dikenal juga dengan vihara di atas batu. Vihara ini terletak di pinggir Jalan Sijangkung, Singkawang Selatan.

Sesuai dengan namanya, vihara Sak Ku Thai Bong memang berdiri di atas bukit berbatu. Dalam prosesnya sebelum menempati titik yang sekarang, vihara ini telah berpindah lokasi sebanyak tiga kali.

"Ini namanya Kelenteng Sak Ku Thai Bong, sudah ada sejak zaman Belanda. Ini sudah 3 kali dipindahkan. Pertama ada di seberang jalan, dekat parit," ungkap Cung Jan Thu, Ketua Vihara Sak Ku Thai Bong kepada detikTravel, Senin (31/1/2022).

Pak Athu, begitu dia akrab disapa, menjelaskan bahwa vihara Sak Ku Thai Bong menjadi rumah bagi Dewa Raja Batu. Dewa ini dipercaya menjadi pelindung dan penyelamat anak-anak.

Vihara Sak Ku Thai BongVihara Sak Ku Thai Bong Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Anak-anak kecil yang sering sakit-sakitan atau rewel jika sudah berobat kemana-mana namun tetap tidak berkurang, bila dibawa ke vihara tersebut dan sembahyang di sana akan langsung sembuh.

"Dari cerita orang tua, Dewa Raja Batu dia paling dipercaya untuk anak-anak. Bayi baru lahir, sering nangis, dibawa ke sini, dia langsung nggak nangis lagi. Atau dia lagi sakit, dibawa berobat ke dokter, dirongsen apa tidak sembuh. Dibawa ke sini sehat lagi," terang Pak Athu.

Vihara Sak Ku Thai BongAltar untuk memuja Dewa Raja Batu Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Banyak orang yang sudah membuktikan seperti itu. Namun dengan catatan, si anak itu sudah cocok dengan Dewa Raja Batu alias berjodoh. Nantinya si anak tadi akan diangkat menjadi anak, cucu atau bahkan cicit dari Dewa Raja Batu.

Selain untuk meminta kesembuhan anak-anak, Dewa Raja Batu juga bisa diminta pertolongan bagi mereka yang ingin kelancaran lolos bekerja, berbisnis atau mencari nafkah di luar negeri.

"Biasanya mereka minta untuk lolos kerja ke luar negeri, biar mulus, diberi lancar-lancar. Kadang kan pemerintah luar negeri dipersulit. Ini biar diberi baik-baik, gampang-gampang," jelas Pak Athu.

Tak heran bila pengikut Dewa Raja Batu tersebar di berbagai negara di dunia. Dari mulai Taiwan, Hong Kong, Malaysia, Amerika Serikat hingga Australia, semuanya ada.

Saat vihara ini kebakaran hebat karena korsleting listrik 3 tahun silam, anak-anak angkat Raja Batu semuanya bahu membahu berdonasi untuk membangun ulang vihara ini. Hasilnya dalam waktu singkat, vihara tersebut sudah jadi lagi, sama persis seperti sebelum terbakar.

Anak-anak angkat, cucu-cucu angkat, hingga cicit-cicit angkat dari Dewa Raja Batu pun menyempatkan pulang dan beribadah di vihara ini saat ada momen-momen hari besar seperti Imlek. Jadi jangan heran jika melihat vihara ini penuh pengunjung.

"Ini kalau malam Imlek, jam 12 malam itu penuh. Semua orang datang ke sini. Anak-anak angkat semuanya pada pulang ke sini. Apalagi kalau Raja Batu ulang tahun. Itu penuh sini," pungkas Pak Athu.



Simak Video "Keunikan Vihara Surga Neraka di Singkawang"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA