Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 06 Feb 2022 19:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Profil Masjid Jami Attaqwa Sriwijaya, Tempat Pemakaman Mertua Sandiaga

Persiapan penyambutan jenazah meertua Sandiaga Uno, Abdul Aziz Marzuki di Masjid Attaqwa Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jaksel, Minggu (6/2/2022).
Masjid Attaqwa Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jaksel. (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Jenazah Abdul Aziz Marzuki, mertua Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno akan dimakamkan di area taman Masjid Attaqwa Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Almarhum Abdul Aziz disebut sejak jauh-jauh hari berpesan ingin dimakamkan di Masjid Attaqwa Sriwijaya.

"Jadi dari awal saya sudah mengetahui almarhum ingin dimakamkan di sini, sudah berpesan ingin dimakamkan di sini. Itu berpesannya memang sudah lama, dia ingin dimakamkan di sini," kata keponakan almarhum Abdul Aziz, Haris Abdillah, saat ditemui detikcom di Masjid Attaqwa, Minggu (6/2/2022).

Haris mengatakan, keluarga almarhum Abdul Aziz juga dimakamkan di area Masjid Sriwijaya. Dari ibu hingga saudaranya sebut dia, juga dimakamkan di area Masjid Sriwijaya. Haris sendiri merupakan salah seorang pengurus Masjid Attaqwa.

"Memang almarhum dari awal semua keluarga di sini, dan menghendaki dimakamkan di ruangan depan masjid, semua saudara, ibu daripada almarhum ada di depan masjid sini yang dimakamkan. Jadi semua akan kumpul bersama keluarga. Sudah ada kakak, adik, dan ibunya, ibu kandungnya," ucap Haris.

Dilihat detikTravel dari situs resminya, Masjid Jami Attaqwa Sriwijaya telah berdiri sejak tahun 1920 di atas tanah wakaf dari almarhum H Yusuf bin Gede Ali.

Dinamakan Masjid Senayan

Fakta menarik lainnya, Masjid Jami Attagwa Sriwijaya juga kerap disebut Masjid Senayan karena lokasinya yang cukup dekat. Pada tahun 1952 masjid ini bergeser dan dibangun kembali oleh Pemerintah di atas tanah seluas 1.260m².

Mertua Sandiaga Uno, atau ayah dari Nur Asia Uno, H. Abdul Aziz Marzuki, meninggal dunia.Mertua Sandiaga Uno, atau ayah dari Nur Asia Uno, H. Abdul Aziz Marzuki, meninggal dunia (dok Instagram Nur Asia Uno)

Saat ini Masjid Jami Attaqwa Sriwijaya di kelola oleh "Yayasan Masjid Jami' Attaqwa Sriwijaya" yang atas peranan Pembina dari Masjid Jami Attaqwa saat, ini H. Abdul Aziz Marzuki (almarhum mertua Sandiaga) yang juga merupakan cucu dari Alm Bapak H Yusuf bin Gede Ali.

Masjid ini telah mengalami beberapa kali perluasan bangunan dan tanah, sehingga saat ini luas bangunan masjid adalah sekitar 2.173m² dan luas tanah 3.000m² termasuk di dalamnya fasilitas aula serbaguna seluas 1.000m² yang juga dapat menunjang kegiatan peribadatan dan kegiatan lainnya.

Peletakan batu pertama atas perluasan dan pembangunan kembali Masjid Jami' Attaqwa Sriwijaya di lakukan oleh Alm KH Masykur, Alm KH M Natsir dan disaksikan oleh para Ulama dan Habaib pada tanggal 8 Desember 1989 dan Peresmian atas selesainya pembangunan Masjid Jami Attaqwa Sriwijaya oleh Alm Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia saat itu Bp H Soedharmono pada tanggal 28 Februari 1992.



Simak Video "Strategi Menparekraf Genjot Pelaku UMKM di Daerah"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA