Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 12 Feb 2022 13:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Objek Wisata di Magelang Ini Suguhkan View Elok 360 Derajat

Eko Susanto
detikTravel
Destinasi wisata Wana Mukti Si Guede di Desa Kebonlegi, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.
Destinasi wisata Wana Mukti Si Guede di Desa Kebonlegi, Kabupaten Magelang (Foto: Eko Susanto/detikJateng)
Magelang -

Satu lagi destinasi wisata yang berada di lereng Gunung Sumbing, Kabupaten Magelang, yang patut dikunjungi. Betapa tidak, di lokasi ini wisatawan disuguhi pemandangan indah satu putaran penuh alias 360 derajat.

Destinasi wisata ini bernama Wana Mukti Si Guede. Lokasi destinasi wisata ini berada di lereng Gunung Sumbing, tepatnya di Desa Kebonlegi, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

Saat situasi cerah, wisatawan bisa melihat Gunung Sumbing dengan bentuk yang presisi nan bagus. Tak hanya itu, dari lokasi ini pengunjung juga bisa melihat sunrise yang diapit Gunung Merapi dan Merbabu.

Kemudian, jika malam hari cuaca cerah, pengunjung dapat menikmati keindahan lampu-lampu di Kota Magelang. Gemerlap lampu yang berliuk di kawasan Jogja juga tampak jelas.

Harga tiket masuk destinasi wisata ini juga sangat terjangkau. Pengunjung cukup merogoh kocek Rp 5 ribu per orang untuk tiket masuk, kemudian parkir mobil Rp 5 ribu dan sepeda motor Rp 2 ribu.

Destinasi wisata Wana Mukti Si Guede di Desa Kebonlegi, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.Destinasi wisata Wana Mukti Si Guede di Desa Kebonlegi, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Foto: Eko Susanto/detikJateng

Di lokasi ini, wisatawan bisa naik gardu pandang dan melihat pemandangan yang menghijau lahan pertanian di lereng Gunung Sumbing. Soft opening obyek wisata Wana Mukti Si Guede itu sendiri digelar, Kamis (10/2).

"Sebetulnya (soft opening) menunggu dulu pandemi agak mereda, tapi kan belum ada kepastian kapan mau mereda ini COVID-19. Kemudian, sepakat soft opening, tapi dengan protokol kesehatan, tetap pakai masker, cuci tangan, tetap jaga jarak. Lha ini memang satu keharusan, tapi tidak mengurangi kegiatan masyarakat itu tetap harus berjalan," kata Kepala Desa Kebonlegi Daslan kepada detikJateng di lokasi, Kamis (10/2).

Keistimewaan Wana Mukti Si Guede, lanjut Daslan, adalah salah satu pesona alam yang bisa diambil view dengan putaran 360 derajat dari mulai sunrise diapit dua gunung yakni Merapi dan Merbabu.

"Ketika bawa teropong pas cerah nggak ada kabut bisa melihat pantai Purworejo, terus bisa lihat sunset. Persis lurus bisa lihat Gunung Sumbing, satu-satunya bentuk Gunung Sumbing yang presisi kalau di lihat dari desa lain sudah beda, di sini bagus," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, hadir langsung Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein. Pihaknya berharap, Wana Mukti Si Guede ini siap menerima kunjungan wisata menuju kenormalan baru.

"Ini menambah alternatif daya tarik wisata alam yang ada di Kabupaten Magelang, khususnya kalau disini adalah di KSPD (kawasan strategis pariwisata daerah) A dimana dengan tema Sumbing Exotic. Ini kita kuatkan salah satunya hari ini di Wana Mukti Si Guede," kata Husein.

Saat PPKM level 2, kata Husein, obyek wisata ini masih dalam soft opening. Nantinya jika sudah lengkap wahana maupun lainnya akan buka.

"Kita tetap harus berhati-hati di level 2 dan ini mau tidak mau apa yang sudah diarahkan oleh Pak Presiden, kemudian Pak Bupati kemarin harus dilaksanakan sebaik-baiknya," ujar dia.

---

Artikel ini telah tayang di detikJateng.



Simak Video "Uji Keberanian Lompat dari Jembatan Ke Sungai, Magelang"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA