Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Feb 2022 08:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Cari Kuliner Seafood di Singkawang, Ini Tempatnya

Pondok Senangin Singkawang
Foto: Ikan bakar Pondok Senangin (Wahyu Setyo Widodo/detikTravel)
Singkawang -

Wisata kuliner di Singkawang tak cuma bakmi atau choi pan. Ada juga kuliner seafood ikan bakar yang bisa traveler nikmati di Pondok Senangin Singkawang.

Soal kuliner, Singkawang boleh diadu dengan kota besar lainnya di Kalimantan. Untuk urusan seafood, Singkawang termasuk bisa diandalkan karena lokasinya memang berada di pesisir laut.

Salah satu tempat yang direkomendasikan untuk kulineran seafood di Singkawang adalah RM Pondok Senangin. Rumah makan ini berada di Jalan Tani No 150, Pasiran, Singkawang.

Saat detikTravel datang di jam makan siang, kondisi rumah makan tersebut penuh dengan pengunjung. Pegawai restoran tampak sibuk menyiapkan pesanan pelanggan. Mereka membakar ikan tepat di bagian depan restoran.

Aroma sedap langsung menyeruak begitu mendekat ke bagian khusus pembakaran ikan. Mereka masih menggunakan arang dari batok kelapa sebagai bahan bakar. Pantas jika aromanya begitu menggoda.

Pondok Senangin SingkawangPondok Senangin Singkawang Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Ada beberapa jenis ikan yang dijual di rumah makan ini. Traveler dipersilakan untuk memilih sendiri ikan yang mau dibakar. Ikannya terbilang sangat fresh karena baru datang di hari itu.

Untuk jenis ikannya ada kerapu, kakap merah, kakap putih, bawal, senggarat, senangin, hingga ikan Singapur. Harga per ons-nya dibanderol mulai dari Rp 13.000 hingga 21.000.

Untuk makan siang itu, kami memesan dua ekor ikan Singapur bakar. Sebagai pelengkapnya ada cah kangkung, dan cumi goreng tepung. Tak lupa nasi putih hangat dan sambal.

Pondok Senangin SingkawangPondok Senangin Singkawang Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Dari memesan hingga ikan matang, butuh waktu sekitar 20 menitan. Begitu ikan datang, mulut langsung dibuat ngiler dengan penampakannya. Tak butuh waktu lama, sajian ikan bakar itu langsung meluncur ke dalam perut.

Soal rasa, ikan bakarnya cenderung gurih dengan bumbu kuning yang kuat. Kalau traveler suka manis, tinggal ditambah kecap. Dimakan bersama nasi hangat dan sambal, nikmatnya bukan main.

Traveler yang suka makanan laut, bisa banget cobain kulineran di sini. Selain ikan, ada pula sajian udang dan juga kepiting, bahkan ayam bakar.

Untuk makan 3 orang sampai puas, kami mengeluarkan uang kurang dari Rp 200 ribu saja. Cukup masuk akal jika dibandingkan dengan rasa kenyang yang didapat. Wajib coba kalau liburan ke Singkawang!



Simak Video "Menikah Jadi Pelarian Amoy Singkawang dari Jurang Kemiskinan"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA