Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Feb 2022 09:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Satu-satunya Tempat Beli Oleh-oleh Terlengkap di Singkawang

Singkawang -

Melancong ke Singkawang, tak lengkap tanpa membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Ini dia satu-satunya tempat di Singkawang buat berburu oleh-oleh.

Pusat Oleh-oleh dan Jajanan Singkawang, begitulah nama tempat satu ini. Tempat ini merupakan sentra oleh-oleh terbesar sekaligus satu-satunya di Singkawang. Kamu bisa berbelanja oleh-oleh sampai puas di sini.

Oleh-oleh yang dijual di sini termasuk lengkap. Dari snack, kopi, madu, sirup, kerajinan tangan, batik, hingga kaos-kaos pun ada. Traveler tinggal pilih saja mau bawa pulang oleh-oleh yang mana.

Pengelola Pusat Oleh-oleh Jajanan Singkawang, David mengatakan tempatnya ini dulu hidup segan mati tak mau. Namun sejak dia turun tangan, omzet sentra oleh-oleh ini melonjak berkali-kali lipat.

"Dulu nggak ada yang mau ke sini. Rak barang-barang, kosong cuma terisi setengahnya. Tapi pelan-pelan kita rombak, kita benahi. Sekarang omzetnya sudah naik pesat," kata David saat berbincang dengan detikTravel.

Pusat Oleh-oleh Jajanan SingkawangPusat Oleh-oleh Jajanan Singkawang Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Salah satu terobosan yang dilakukan David adalah dengan menghadirkan tempat kuliner cita rasa Nusantara yang menjual makanan seperti Soto Betawi, Batagor, dan aneka kuliner lainnya. Selain itu, dia juga kerap membuat acara hiburan live music untuk menarik pengunjung.

"Sejak ada tempat makanan jadi ramai. Omzet tadinya cuma jutaan, sekarang bisa puluhan juta," imbuh David.

Di sini ada beragam produk yang ditawarkan. Kalau mau cemilan yang gurih-gurih, traveler bisa cobain kacang disko, keripik sayur dan juga sale pisang.

Pusat Oleh-oleh Jajanan SingkawangPusat Oleh-oleh Jajanan Singkawang Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

David menjamin produk oleh-oleh yang dijual di tempatnya adalah produksi UMKM lokal Singkawang. Namun untuk ke depannya, dia berharap tak hanya menjual produk dari UMKM Singkawang saja, tapi dari semua daerah di Kalimantan Barat.

"Untuk UMKM se-Kalimantan Barat ayo kita kolaborasi, Kita maju bareng-bareng. Kami sediakan tempatnya," ujar pria asal Jakarta ini.

Untuk harga, traveler jangan khawatir karena sangat terjangkau. Untuk cemilan dan snack-snack dibanderol harganya dibanderol di bawah Rp 20.000 saja. Untuk kopi mulai Rp 40 ribuan dan sirup Rp 20 ribuan.

Pusat Oleh-oleh Jajanan Singkawang ini berada di Jalan Pangeran Diponegoro No 23A, Singkawang. Tempat ini buka mulai pukul 07.00 pagi hingga 23.00 WIB.

(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA