Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 17 Feb 2022 07:43 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

San Kheu Jong, Rekomendasi Tempat Ngopi Mantap di Singkawang

San Kheu Jong Kopitiam
Foto: San Kheu Jong Kopitiam (Wahyu Setyo Widodo/detikTravel)
Singkawang -

Bicara soal Singkawang, tak bisa lepas dari warung kopinya. Salah satu yang rekomendasinya adalah San Kheu Jong dengan konsep modern, tapi cita rasanya otentik!

Selain punya seribu kelenteng, Singkawang juga punya seribu warung kopi alias Kopitiam. Bagi masyarakat etnis Tionghoa, ngopi di kopitiam sudah jadi rutinitas sehari-hari.

Dari sekian banyak kopitiam di Singkawang, wisatawan direkomendasikan untuk mencoba menyeruput kopi di San Kheu Jong, sebuah kedai kopi yang cukup ramai.

Ramainya kedai kopi ini tidak terbatas pada waktu tertentu saja. Mau pagi, siang, sore, bahkan malam, San Kheu Jong selalu dipadati pengunjung.

San Kheu Jong atau warga lokal biasa menyingkatnya sebagai SKJ berada di Jalan Budi Utomo, Singkawang. Lokasinya tak jauh dari gerbang Selamat Datang di Kawasan Pasar Hongkong yang sangat ikonik.

San Kheu Jong KopitiamSan Kheu Jong Kopitiam Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Bangunan kopitiam ini terdiri dari dua lantai. Di bagian belakangnya, ada area outdoor dimana traveler bisa ngopi sambil merokok. Area outdoor ini sengaja dibuat seperti sebuah kapal yang mengarah ke sungai. Ada juga area indoor ber-AC.

Traveler bisa memesan kopi di San Kheu Jong. Ada kopi O dan juga kopi susu. Yang paling unik, kedai kopi ini menyediakan kuliner bubur gunting yang khas dari Singkawang. Salah satu dari sedikit tempat yang masih menyediakan jenis kuliner ini.

San Kheu Jong KopitiamSan Kheu Jong Kopitiam Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Bubur gunting atau Luk Theu San terdiri dari cakue dan bubur dari kacang hijau yang bulirnya masih utuh. Cakue itu kemudian dipotong-potong, dimasukkan ke dalam mangkok, lalu diguyur oleh bubur yang bercita rasa manis.

Paduan rasanya sungguh unik. Cakue yang gurih dimakan bersamaan dengan bubur manis cukup mengejutkan, tapi cocok-cocok saja kok dan pastinya kamu bikin kenyang.

Untuk harga minuman di San Kheu Jong berkisar di bawah Rp 20.000-an saja. Pun demikian dengan makanannya. Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam kalau nongkrong di sini.

San Kheu Jong Kopitiam juga kerap menggelar acara live music untuk menghibur para pengunjungnya. Kedai kopi ini buka hingga pukul 24.00 setiap harinya. Cocok buat kamu yang betah nongkrong sampai malam.



Simak Video "Menilik Kedai Kopi Tiam Rusen yang Spesial di Singkawang"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA