Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 24 Feb 2022 08:43 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kisah Vihara Surga Neraka yang Unik dan Tertinggi di Singkawang

Vihara Surga Neraka
Foto: Vihara Surga Neraka di Singkawang (Wahyu Setyo Widodo/detikTravel)
Singkawang -

Singkawang dikenal sebagai kota seribu vihara. Salah satu yang unik adalah Vihara Surga Neraka. Konon, inilah vihara tertinggi di kota Singkawang. Penasaran?

Berada di kaki Gunung Pasi di Sempalit, Singkawang Selatan, berdiri sebuah vihara yang namanya membuat orang penasaran, Vihara Surga Neraka, demikian orang-orang mengenalnya.

Sebenarnya nama asli dari vihara ini adalah Vihara Dharma Suci Mulia. Lantas kenapa vihara ini dijuluki Vihara Surga Neraka?

Ternyata vihara ini dinamakan Surga Neraka, karena di dalamnya terdapat gambaran mengenai kehidupan setelah kematian versi ajaran Taoisme. Ada surga untuk manusia berpahala dan gambaran siksa neraka untuk para pendosa.

Penghitungan amal dan dosa juga diilustrasikan melalui sebuah persidangan. Selain itu, vihara ini disebut Surga Neraka karena di dalamnya terdapat patung dewa-dewa yang berada di surga dan di neraka.

Vihara Surga NerakaVihara Surga Neraka Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Yang lebih uniknya lagi, sebelum masuk ke dalam Vihara Surga Neraka, traveler diminta untuk menanggalkan alas kaki seperti sepatu dan sandal. Lalu, disediakan kolam berisi air jernih untuk mencuci dan membersihkan kaki.

Baru kemudian traveler bisa meniti anak tangga untuk menuju ke bangunan utama vihara. Pun demikian saat akan pulang, traveler menuruni anak tangga, mencuci kaki, lalu memakai kembali alas kaki yang tadi sudah dilepas.

Vihara Surga NerakaVihara Surga Neraka Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Secara keseluruhan, total ada delapan tempat sembahyang di vihara ini. Masing-masing tempat sembahyang dibedakan dari dewa yang disembah, ada Dewa Lima Penjuru, Dewi Kuan Im, Raja Langit, dan beberapa dewa lainnya.

Untuk sampai ke Vihara Surga Neraka, traveler harus perjalanan yang cukup sulit. Medan jalannya menanjak dan tidak mulus. Pastikan kendaraan roda empat atau roda dua yang digunakan dalam kondisi prima, karena kabarnya sering terjadi kecelakaan di jalanan menuju ke vihara ini.

Dari pusat kota Singkawang, diperlukan waktu sekitar 30 menit untuk menuju ke Vihara Surga Neraka. Selain untuk bersembahyang, masyarakat datang ke sini karena ingin menikmati keindahan alam dan pemandangan Singkawang dari atas ketinggian.

"Ini Vihara Surga Neraka, di bawah gambaran Neraka, atas Surga. Orang biasa boleh ke sini. Ada yang berdoa, ada yang tidak. Bisa wisata juga di sini. Dulu sebelum corona ramai, sekarang sepi," kata A Thong, pengurus vihara.



Simak Video "Keunikan Vihara Surga Neraka di Singkawang"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA