Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Feb 2022 08:43 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Dia Thai Pak Kung, Vihara Terbesar dan Termegah di Singkawang

Singkawang -

Vihara Kulor demikian orang Singkawang menyebutnya. Vihara ini termasuk yang terbesar dan termegah di Singkawang. Mari lihat penampakannya!

Vihara megah di Singkawang ini dinamakan Vihara Kulor, merujuk pada lokasi kampung dimana dia berada yaitu Kulor, tepatnya di Jalan Sanggau Kulor, Singkawang Timur.

Sebenarnya nama asli vihara ini adalah Tri Dharma Bumi Raya. Ya, namanya memang sama persis dengan vihara pusat yang jadi ikonnya kota Singkawang. Meski namanya sama, tetapi dua vihara itu berbeda satu sama lain.

"Ini namanya Vihara Tri Dharma Bumi Raya. Sama namanya, tapi beda. Ini disebut juga Vihara Kulor. Kulor itu nama daerahnya. Dulu masih hutan kita pertama buka di sini," ujar Phang Bui Jan (71), pengurus Vihara Kulor kepada detikTravel.

Vihara ini juga punya nama lain Thai Pak Kung. Bangunan vihara ini pertama kali dibangun sekitar 10 tahun yang lalu. Sampai sekarang vihara Kulor masih dalam tahap renovasi. Menurut Phang, jika lancar, rencananya vihara ini akan dibuka untuk umum sekitar bulan Oktober 2022.

Vihara Kulor di SingkawangVihara Kulor di Singkawang Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Meski belum selesai direnovasi, tetapi wujud bangunan vihara ini terlihat sangat megah dan mewah. Untuk menuju ke bangunan utama vihara, traveler harus naik tangga dengan ukiran naga sebagai penghiasnya.

Belum lagi ukiran-ukiran indah yang berada di bagian atap bangunan semakin menghadirkan kesan megah terhadap vihara tersebut. Suasananya pun jadi serasa sedang berada di luar negeri, mirip-mirip seperti di Taiwan.

Vihara KulorVihara Kulor Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Vihara Thai Pak Kung Kulor berdiri megah di atas lahan seluas 6 hektar. Tepat di belakang bangunan vihara, ada kantin yang jadi tujuan wisata kuliner pengunjung.

Di kantin ini ada berbagai jenis kuliner yang bisa dicoba mulai dari choi pan, rujak, bakso dan banyak lagi yang lainnya. Para wisatawan pun biasanya menyerbu tempat ini saat hari libur tiba.

Vihara Kulor di SingkawangVihara Kulor di Singkawang Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Meski belum bisa digunakan untuk ibadah, namun pengunjung bisa bebas berfoto-foto ria. Pihak pengelola membebaskan pengunjung untuk datang. Masuk ke vihara ini pun gratis karena tidak ada tiket masuknya.

Namun karena pandemi, jumlah pengunjung menurun drastis. Dulu banyak pengunjung vihara berasal dari luar negeri. Meski belum kembali normal, namun belakangan, sudah mendekati situasi seperti sebelum pandemi.

Vihara Thai Pak Kung Kulor paling ramai dikunjungi di hari Minggu atau saat momen Imlek dan Cap Go Meh. Vihara ini buka mulai pukul 07.00 pagi sampai 19.00 malam.

(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA