Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 01 Feb 2022 12:14 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Vihara di Singkawang dengan Mata Air yang Bisa Sembuhkan Penyakit

Vihara Ci Kung
Vihara Ci Kung di Singkawang (Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel)
Singkawang -

Di Singkawang, ada satu vihara yang punya mata air yang dikenal berkhasiat. Konon, mata air ini punya khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Seperti apa?

Ada ratusan vihara di Singkawang. Masing-masing vihara memiliki kisah dan kelebihannya sendiri. Salah satunya adalah Vihara Ci Kung atau Ji Gong House of Help.

Vihara ini berlokasi di Jalan Sagatani, Sijangkung, Singkawang. Vihara berdiri di tepi jalan raya dan sangat mudah untuk menemukannya.

Sebelum masuk ke vihara, traveler akan disambut dengan pintu gerbang berukuran besar nan megah berwarna merah. Masuk lagi ke dalam, ada patung Sun Go Kong berdiri di lantai atas vihara itu.

Di dalam kompleks vihara ini ada sumber mata air yang konon bisa menyembuhkan penyakit. Sudah banyak orang datang ke sini untuk meminta kesembuhan dengan meminum air tersebut.

"Banyak yang sudah datang ke sini dan sembuh. Semua penyakit Tapi semua itu kembali ke orangnya. Bagi yang percaya saja," ujar Sutomo, pengasuh Yayasan Panti Wredha Sinar Abadi yang berdiri di kompleks vihara tersebut, Senin (31/1/2022).

Vihara Ci KungVihara Ci Kung (Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel)

Mata air tersebut berada di dalam bangunan Vihara Ci Kung. Oleh pengelola vihara, mata air tersebut dibuatkan semacam kolam air mancur. Pengunjung yang membutuhkan boleh mengambil air suci ini.

Namun jangan pernah sekali-sekali untuk mencuci tangan di kolam tersebut. Pihak pengelola bahkan telah menempelkan kertas larangan bagi para pengunjung untuk tidak mencuci tangan di sana karena air suci tersebut telah diberkati oleh Buddha Ci Kung.

Vihara Ci KungVihara Ci Kung (Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel)

Patung Buddha Ci Kung berukuran besar pun ditempatkan di altar utama vihara ini. Pengunjung bisa sembahyang dan berdoa di sini. Ada juga tempat untuk membakar hio atau dupa di bagian depan vihara dan di altar.

Menurut Sutomo, vihara ini sudah ada sejak tahun 1981. Namun sebenarnya, bangunan Panti Wredha Sinar Abadi yang berada di sisi kanan vihara sudah ada lebih dulu dibandingkan dengan vihara.

"Ini sudah ada sejak 1981. Lebih dulu panti ini daripada vihara. Di sini ada 26 kamar, dengan 45 orang penghuni. Panti ini untuk merawat lansia yang terlantar, tidak memandang agamanya apa, semua agama boleh," jelas Sutomo.

Traveler bisa berkunjung ke vihara ini. Pihak pengelola mempersilakan traveler dengan agama apapun untuk datang berkunjung bila sedang liburan di Singkawang.

Simak Video 'Meriahnya Perayaan Tahun baru Imlek di Kota Singkawang':

[Gambas:Video 20detik]



(wsw/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA