Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 24 Feb 2022 21:48 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Vihara Kwan Im di Singkawang, Sang Dewi Welas Asih

Vihara Dewi Kwan Im
Foto: Vihara Dewi Kwan Im di Singkawang (Wahyu Setyo Widodo/detikTravel)
Singkawang -

Dari sekian banyak vihara di Singkawang, ada satu vihara yang paling cantik di antara lainnya. Apalagi kalau bukan Vihara Dewi Kwan Im, Sang Dewi Welas Asih.

Vihara Budi Dharma, itulah nama sebenarnya dari vihara ini. Namun orang mengenalnya sebagai Vihara Dewi Kwan Im. Lokasinya berada di Jalan GM Situt, Singkawang Barat, Kota Singkawang.

Sesuai dengan namanya, vihara ini jadi tempat pemujaan untuk Dewi Kwan Im, Sang Dewi Welas Asih. Patung Dewi Kwan Im berukuran raksasa juga ada di halaman depan vihara, tepat di sebelah kiri sebelum naik ke tangga altar pemujaan.

Vihara Dewi Kwan Im terletak tepat di tepi jalan besar, diapit oleh bangunan ruko-ruko yang berada di kanan kirinya. Bangunan vihara ini tampak menonjol karena warnanya yang merah menyala.

detikTravel berkunjung ke vihara ini tepat di hari perayaan Imlek, pada tanggal 1 Februari lalu. Keramaian sudah terasa saat berada di pintu masuk vihara. Motor-motor terparkir di bagian depan, mobil-mobil mengikuti berderet di kanan-kiri jalanan.

Vihara Dewi Kwan ImVihara Dewi Kwan Im Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Vihara ini dibangun oleh pengusaha sukses bernama Djong Siaw Khiang, putra asli Singkawang yang bertempat tinggal di Jakarta. Konon katanya dia menghabiskan uang miliaran rupiah demi membangun vihara ini.

Tak berlebihan, karena Vihara Dewi Kwan Im ini memang cantik sekali. Bangunan vihara dipenuhi ornamen-ornamen penghias yang detailnya sungguh indah. Warna-warninya juga semarak, namun tidak berlebihan.

Vihara Dewi Kwan ImVihara Dewi Kwan Im Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Vihara Dewi Kwan Im ini ternyata juga menyimpan sejarah yang cukup panjang. Di tahun 1937, bangunan vihara sempat mengalami kebakaran. Namun patung Dewi Kwan Im berhasil diselamatkan dan dipindahkan di lokasi vihara yang sekarang.

Tahun berganti, bangunan vihara kemudian dipercantik jadi seperti yang bisa kita lihat sekarang. Umat Tionghoa pun banyak yang datang ke sini untuk bersembahyang.

Setiap detail yang ada di tangga, tiang, langit-langit, jendela, hingga dinding vihara ini semuanya sangat cantik. Tak heran jika vihara ini juga jadi buruan para pehobi fotografi.

Traveler bisa mengunjungi vihara yang juga dikenal dengan nama Vihara Kwan Im Kiung atau Kwan Im Tong ini bila liburan ke Singkawang.



Simak Video "Wihara & Patung Dewi Kwan Im, Dua Bangunan yang Tidak Bisa Dipisahkan, Pematang Siantar"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA