Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Mar 2022 16:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kereta Wisata di Indonesia, Keren Mirip Kereta di Luar Negeri

Syanti Mustika
detikTravel
Gerbong KA Wisata Jawa
Kereta Wisata Jawa (Shinta Angriyana/detikTravel)
Jakarta -

Tahukah traveler, ada kereta wisata dengan interior khas penuh gaya yang bisa traveler nikmati di Indonesia. Mirip kereta di Eropa seperti Swiss. Penasaran kan bagaimana bentuk keretanya?

Dalam mendukung sektor pariwisata, PT KAI mempunyai anak perusahaan yaitu PT Kereta Api Pariwisata, yang sesuai namanya melayani penumpang untuk wisata. Tidak hanya mengantar ke tujuan, namun memberikan fasilitas liburan yang berbeda dengan kereta lainnya.

Dilihat dari websitenya, terdapat beberapa kereta wisata dengan ragam fasilitas untuk kenyamanan traveler.

1. Kereta Wisata Nusantara

Ciri khas dari kereta wisata nusantara adalah desain interior dan segala pernak-perniknya yang menggambarkan seni dan keindahan dari berbagai pelosok pulau di nusantara. Saat kita naik ke kereta ini kentalnya kekayaan nusantara bisa dirasakan selama perjalanan dengan kereta.

Untuk fasilitas, Kereta Nusantara memiliki balkon VIP dengan jendela besar untuk bisa melihat pemandangan ke luar dari arah belakang kereta secara leluasa. Sementara, pada bagian lobi tengah ditata dengan sangat mewah.

Untuk traveler yang mau beristirahat dengan nyaman, pada Kereta Wisata Nusantara dilengkapi juga dengan 1 kamar tidur untuk 2 orang dewasa yang dilengkapi dengan kaca rias, lampu tidur dan wastafel.

Adapun detail fasilitas Kereta Wisata Nusantara, memiliki 19 tempat duduk, balkon, ruang utama dengan karaoke system, mini bar, kamar tidur (kapasitas 2 orang dewasa) dan toilet eksklusif.

2. Kereta Wisata Bali

Kereta Wisata Bali memiliki interior yang kental dengan nuansa budaya Bali. Suasana didesain secara cantik dan apik dengan bubuhan ukiran serta lukisan yang bernuansakan Pulau Dewata.

Kereta memiliki kapasitas 20 tempat duduk, ruang utama, mini Bar, VVIP Room, karaoke System dan toilet eksklusif.

Kereta Wisata KAIKereta Wisata Bali Foto: (dok KAI)

3. Kereta Wisata Imperial

Kereta Wisata Imperial memiliki interior kereta khusus dengan fasilitas lengkap dengan kenyamanan tempat duduknya. Kereta ini memiliki tempat duduk yang dapat direbahkan hingga 135 derajat (reclining seat), dilengkapi dengan sandaran kepala (head rest) dan sandaran kaki (leg rest) fleksibel yang dapat disesuaikan untuk kenyamanan posisi istirahat Anda

Setiap kursi sudah dilengkapi meja portable dan power socket di sebelah kursi sehingga selama perjalanan Anda tetap dapat menyelesaikan pekerjaan dengan laptop atau gadget lainnya. Tersedia lampu baca pada atap kursi.

Fasilitas Kereta Wisata Imperial, terdapat 20 tempat duduk, mini Bar, karaoke system, TV Layar Lebar (Big Screen), leg rest & foot rest, bagasi 20 kg dan toilet eksklusif.

Kereta Wisata KAIKereta Wisata Imperial Foto: (dok KAI)

4. Kereta Istimewa

Kereta ini merupakan ex-kereta inspeksi yang didesain ulang untuk traveler yang ingin menikmati perjalanan dengan pengalaman yang berbeda. Karena Kereta Istimewa bisa digunakan untuk melakukan perjalanan wisata sesuai dengan waktu yang kamu inginkan / fleksibel. Kereta Istimewa memiliki 45 bangku.

Hal ini bisa dilakukan dikarenakan kereta tidak digandengkan pada kereta api reguler. Kereta Istimewa terdiri dari 2 rangkaian kereta yang dilengkapi dengan ruang utama, yaitu lounge termasuk dengan karaoke, audio & video, ruang meeting dengan TV layar lebar, audio dan video, tempat duduk dengan leg rest yang membuat perjalanan Anda semakin nyaman. Dengan kereta ini, kamu juga dapat menikmati perjalanan sambil melihat langsung pemandangan dari ruangan masinis.

Kereta Istimewa KAIKereta Istimewa KAI Foto: KAI

5. Kereta Wisata Jawa

Kereta Wisata Jawa memiliki desain interior dan segala pernak - perniknya yang menonjolkan seni dan keindahan dari budaya Jawa. Ruang utama Kereta Wisata Jawa ditata mewah dilengkapi dengan audio, video/TV monitor untuk berkaraoke. Selain itu, pada kereta ini tersedia ruang serbaguna yang dapat digunakan sebagai tempat meeting atau menjadi meja makan keluarga.

Kereta ini juga memiliki kamar tidur dengan kapasitas untuk 2 orang dewasa yang dilengkapi kaca rias, lampu tidur dan wastafel. Kereta wisata ini memiliki kapasitas 20 tempat duduk.

KA Wisata JawaKA Wisata Jawa Foto: (Shinta/detikTravel)

Artikel kereta wisata ini berlanjut ke halaman berikutnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA