Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Mar 2022 20:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mau Healing di Surabaya? Mampir Yuk ke Tahura Pakal 1

Deny Prasetyo
detikTravel
Melepas penat di Tahura Pakal Surabaya
Tahura Pakal 1. Foto: Deny Prasetyo
Surabaya -

Traveler yang penat dengan kehidupan Kota Surabaya, bisa nih rileks sejenak di Tahura Pakal 1. Kamu bisa menikmati sejuknya hutan di tengah kota.

Taman Hutan Raya (Tahura) Pakal 1 terletak di Kelurahan/Kecamatan Pakal, Surabaya. Tahura ini memiliki luas lahan sekitar 6,5 hektar. Menariknya, di sini banyak ditemukan pohon cemara udang yang membuat suasananya tak seperti di Surabaya.

Di dalam lokasi juga terdapat danau buatan hingga jembatan estetik dari bambu. Akses jalan di lokasi pun sudah terpasang paving, membuat pejalan kaki bisa dengan nyaman menikmati suasana sejuk di sana.

Selain itu, di Tahura Pakal ini juga dilengkapi wahana bermain anak-anak hingga becak air. Ada pula sejumlah spot foto yang dijamin ciamik dan instagramable.

Sementara itu, Camat Pakal Tranggono mengatakan, Tahura Pakal 1 telah dibangun sejak 2008. Selanjutnya di masa kepemimpinan Risma, kawasan tersebut mulai dikembangkan. Jika lapar mulai menyerang, jangan khawatir! Di lokasi ini ada banyak penjual UMKM yang berjualan. Harganya pun relatif murah.

Wisata Taman Hutan Raya (Tahura) Pakal, Surabaya.Wisata Taman Hutan Raya (Tahura) Pakal, Surabaya. Foto: ANTARA FOTO/Patrik Cahyo Lumintu

"Untuk akses masuknya gratis tidak dipungut biaya. Tahura Pakal 1 dipenuhi oleh pohon cemara udang," kata Tranggono kepada detikJatim.

Tranggono menambahkan, Tahura Pakal 1 ini dikelola Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya. Sedangkan Kecamatan Pakal dilibatkan dalam pengawasan sebagai Satgas COVID-19.

"Untuk view foto sangat instagramable. Pengunjung biasanya ramai jika Sabtu dan Minggu," lanjut Tranggono.

Salah satu pengunjung, Nina (35) warga Manukan, yang berada di lokasi bersama keluarga, menyebut Tahura Pakal 1 ini bisa menjadi alternatif berwisata bersama keluar.

"Enak, lumayan tidak harus ke luar kota. Karena sudah ada wahananya buat bermain bersama anak-anak. Dulu sebelum ada wahananya sering ke sini," ungkap Nina.

Nina juga memberikan saran agar penunjuk arah ke lokasi Tahura Pakal Surabaya lebih diperjelas. Selain itu, dia menyebut akses masuk dan parkir yang dekat perlintasan kereta kurang memadai.

"Plakatnya arahnya kurang kelihatan, terus parkirnya kurang enak, kurang luas," sarannya.

Artikel ini telah tayang di detikJatim. Untuk mendapatkan informasi seputar Surabaya dan sekitarnya, kunjungi tautan berikut ini.



Simak Video "Menikmati Suasana Romantis di Wisata Air Kalimas Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA