Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Mar 2022 10:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Unik! Ada Air Tawar di Balik Pasir Pantai Pringjono Wonogiri

Pantai Pringjono di Dusun Dringo, Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito.
Foto: Pantai Pringjono (dok.Kholid, warga Kecamatan Selogiri, Wonogiri)
Wonogiri -

Pantai Prigjono jadi salah satu destinasi yang sayang untuk dilewatkan. Ada hal unik yang bisa traveler temukan di pantai ini.

Pringjono merupakan satu dari 18 pantai di wilayah Kecamatan Paranggupito, sekitar 55 km dari pusat kota Wonogiri. Saat pasir di dekat bibir pantai digali, muncul sumber mata airnya, namun bukan laut melainkan air tawar.

Belum lama ini, keunikan tersebut dibuktikan langsung oleh Plt Camat Paranggupito, Warno saat berkunjung ke pantai bersama keluarganya. Menurut Warno, dia mengetahui keunikan Pantai Pringjono dari sesepuh di desa kawasan pantai.

Awalnya pun ia ragu dengan yang dikatakan sesepuh tersebut, karena menurut logika, air yang berada di bibir pantai adalah air laut yang asin.

"Ketika pasir digali, air itu langsung memenuhi galian. Ketika digali di tempat lain, air itu pindah ke galian baru itu. Saking terkejutnya, air itu saya siramkan ke badan. Pulang saya bawa satu jeriken," kata Warno kepada detikJateng, Selasa (15/3/2022).

Menurut keyakinan dari para sesepuh dan warga sekitar, Warno mengatakan, air yang muncul berkhasiat mengobati segala penyakit. Masih banyak orang yang belum mengetahui keunikan dari Pantai Pringjono ini.

"Meski sudah ada sejumlah orang yang ke sana, keunikan dari Pantai Pringjono ini banyak yang belum tahu. Di sisi lain, memang belum banyak orang yang tahu keberadaan pantai ini," ungkap dia.

Lokasi Pantai Pringjono masih satu kawasan dengan Pantai Nampu, yaitu 500 meter di barat Pantai Nampu. Tiket masuknya pun menjadi satu paket dengan Pantai Nampu, yaitu Rp 5.000 per orang.

Warno mengatakan, Pantai Pringjono masih alami dan asri karena masih jarang wisatawan yang datang ke sana. Meski begitu, pantai sudah memiliki fasilitas tempat parkir, toilet, serta aneka warung makan.

"Memang harus hati-hati kalau ke sana. Karena jalan masuknya itu masih setapak. Tapi pemandangannya bagus," ujar Warno.



Simak Video "Melepas Lelah Dengan Terapi Pijat di Sulawesi Utara"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA