Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 20 Mar 2022 11:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

9 Kuliner Legendaris Semarang

Mbak Tum: Gudeg Koyor dan Lontong Opor Enak di Semarang Sejak 1991
Gudeg koyor Mbak Tum (Foto: detikcom)
Jakarta -

Berwisata ke Kota Semarang, Jawa Tengah makin sip andai mencicipi aneka kuliner legendarisnya. Ada gudeg koyor hingga lunpia.

Mengutip situs semarangkota.go.id, ada beberapa rekomendasi warung makan di Semarang.

Daftar kuliner legendaris di Semarang:

1. Gudeg Abimanyu dan Gudeg Koyor Yu Tum

Mbak Tum: Gudeg Koyor dan Lontong Opor Enak di Semarang Sejak 1991Mbak Tum: Gudeg Koyor dan Lontong Opor Enak di Semarang Sejak 1991 Foto: detikfood

Salah satu kuliner yang terkenal di Semarang yakni warung Gudeg Yu Tum dan Gudeg Abimanyu. Gudeg Yu Tum buka pada malam hari, sedangkan Gudeg Abimanyu buka pada siang hari.

Kedua warung gudeg ini selalu ramai dikunjungi pembeli. Menu yang wajib dicoba yakni nasi gudeg koyor dan lontong opor. Gudeg Semarang ini rasanya lebih gurih, berbeda dengan Jogja yang cenderung manis.

Gudeg Abimanyu berlokasi di Jl Abimanyu VI Semarang. Waktu buka pukul 06.00-17.00 WIB.

Gudeg Koyor Yu Tum berlokasi di Jl MT Haryono (Peterongan) Semarang. Waktu buka pukul 18.00-03.00 WIB.

2. Lunpia Mataram

Jajan Lunpia Mataram Semarang yang Terkenal Nikmat Sejak 1984Jajan Lunpia Mataram Semarang yang Terkenal Nikmat Sejak 1984 Foto: detikfood


Salah satu jajanan yang terkenal di Semarang yakni lunpia. Salah satu yang hits yakni Lunpia Mataram, ada aneka jenis lunpia yang bisa sedulur pilih mulai dari lunpia basah, hingga lunpia vakum yang bertahan sekitar 10 hari.

Lokasi Lunpia Mataram ada di Jl MT Haryono (Mataram) Semarang. Waktu buka pukul 07.00-20.00 WIB.

3. Tahu Pong Gajah Mada

Creative ImageCreative Image Foto: iStock

Tahu pong atau tahu kosong menjadi salah satu kuliner khas Kota Semarang. Tahu pong ini disajikan dengan acar mentimun dan bumbu kecap yang sudah dicampur dengan petis. Tahu Pong ini berdiri sejak 1970-an.

Lokasinya ada di Jalan Gajah Mada Semarang. Waktu buka pukul 10.00-20.00 WIB.

4. Toko Oen

Toko Oen SemarangToko Oen Semarang Foto: Nfadils/d'Traveler


Salah satu restoran legendaris di Semarang yakni Toko Oen. Toko ini berdiri sejak 1936 di Jalan Pemuda Semarang. Di sini sedulur bisa memesan aneka es krim dengan varian rasa seperti cokelat, moka, vanila, maupun kopyor.

Salah satu es krim yang menjadi ciri khas toko ini yakni Oen's Symphony. Menu ini menghadirkan 5 scoop es krim dengan varian rasa yang berbeda dan disajikan dengan slagroom dan katetong. Selain es krim sedulur juga bisa memesan menu makanan Italia, Eropa dan Indonesia.

Lokasi Toko Oen di Jalan Pemuda Semarang. Waktu buka pukul 10.00-22.00 WIb.

5. Es Puter Conglik

Sempat Dikira Ketok Harga, Wanita Ini Minta Maaf Pada Penjual Es PuterSempat Dikira Ketok Harga, Wanita Ini Minta Maaf Pada Penjual Es Puter Foto: TikTok @claramonica


Es puter Conglik menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke Semarang. Rasanya segar, tidak enek, dan lembut. Es puter ini dibuat manual menggunakan buah asli. Biasanya ada empat rasa yakni durian, cokelat, kelapa, dan alpukat. Es puter ini disajikan dengan topping kelapa maupun buah durian.

Es Puter Conglik berlokasi di Jalan KH Ahmad Dahlan tepatnya di depan RS Telogorejo. Waktu buka pukul 17.30-23.30 WIB.

6. Mie Kopyok Pak Dhuwur

Mie kopyok adalah makanan khas Semarang yang disebut makanan selingan karena tidak membuat perut terlalu kenyang. Bahannya yakni lontong, mi kuning, tauge, tahu pong, dan kerupuk gendar yang disiram dengan kuah berbumbu bawang putih. Sebagai pelengkapnya ditaburkan irisan bawang goreng dan seledri.

Mie Kopyok Pak Dhuwur berlokasi di Jalan Tanjung, Semarang. Waktu buka pukul 08.00-16.00 WIB.

7. Pecel Mbok Sador

Pecel Mbok Sador SemarangPecel Mbok Sador Semarang Foto: Widi Arini/d'Traveler

Pecel Mbok Sador merupakan salah satu jajanan kaki lima favorit warga Semarang. Di sini tersedia aneka lauk pelengkap seperti jeroan, sate telur puyuh/ayam, peyek teri, dan martabak teri. Sajian pecel Mbok Sador ini juga dilengkapi peyek teri atau kerupuk gendar.

Lokasinya di Pujasera Simpang Lima Semarang. Waktu buka pukul 17.00-223.00 WIB.

8. Wedang Tahu

Perpaduan lembutnya kembang tahu dan hangatnya kuah jahe menjadikan wedang tahu cocok dinikmati saat musim hujan. Wedang ini disajikan dengan mangkuk kecil, rasanya menyegarkan tenggorokan dan membuat tubuh hangat.

9. Sate dan Gule 29

Salah satu kuliner legendaris di Semarang yakni Sate Kambing dan Gule 29. Terletak di kawasan Kota Lama dan sudah ada sejak tahun 1945. Aneka menu berbahan baku kambing seperti sate buntel, gulai, hingga pepes olor tersedia di rumah makan ini.

Sate Kambing dan Gule 29 ini berlokasi di Jalan Letjen Suprapto Kota Lama Semarang. Waktu buka pukul 09.00-21.00 WIB.



Simak Video "Gudeg Koyor, Cita Rasa Gurih Pedas Disanding Dengan Lezatnya Urat Sapi Khas Salatiga"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA