Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 03 Apr 2022 12:59 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Traveler Tahu? Trenggalek Punya Gua Terpanjang Se-Asia Tenggara Lho

Adhar Muttaqin
detikTravel
gua lawa trenggalek
Foto: Adhar Muttaqin
Jakarta -

Lawa merupakan gua yang terpanjang se-Asia Tenggara. Panjangnya lebih dari 5 Km!

Tepatnya, lokasi Gua Lawa atau Gua Kelelawar berada di Desa Watuagung, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Letaknya sekitar 30 km dari pusat kota.

DItemukan pada tahun 1931, Gua Lawa memiliki pesona yang menakjubkan. Ada pahatan alam berupa hamparan stalagmit dan stalagtit mulai dari pintu masuk hingga ujung gua.

Ada pula sorot lampu yang tersebar secara sporadis di sela-sela bangunan. Hal ini membuat keindahan alam gua semakin lengkap.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Trenggalek, Sunyoto, Gua Lawa dinobatkan jadi gua terbesar dan terpanjang se-Asia tenggara. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian ahli gua asal Prancis, Gilbert Mantovani dan Kingston Kho pada tahu 1985.

"Kalau panjangnya gua ini lebih dari 5 KM, namun yang bisa dinikmati pengunjung sekitar 859 meter. Sedangkan untuk menjangkau lorong gua lebih dalam lagi harus melewati sungai bawah tanah, menyelam dulu, sehingga tidak visibel," kata Sunyoto saat dikonfirmasi, Minggu (3/4/2022).

Area dalam gua cukup luas. Lebarnya mencapai 50 meter, sedangkan ketinggiannya antara 20 meter hingga 50 meter. Pemerintah setempat juga sudah membangun jembatan, mulai dari mulut hingga ujung gua.

"Akses pengunjung cukup mudah dan tidak perlu membawa senter, karena sudah ada lampunya. Nah, area dalam Gua Lawa ini memiliki sembilan ruang," ujarnya.

Pada bagian dalam terdapat hamparan pelataran yang cukup luas yang dilengkapi dengan meja kursi, sehingga bisa dipakai untuk istirahat pengunjung.

"Karena Gua Lawa tentu ada kelelawarnya. Untuk melihat kelelawar itu pengunjung harus berjalan lagi hingga ujung gua. Di situ terdapat ribuan kelelawar. Kemudian di situ juga ada celah kecil yang tembus ke luar, sehingga bisa tembus sinar matahari di titik itu," imbuh Sunyoto.

Untuk menambah daya tarik pengunjung, pemerintah daerah mengaku akan merevitalisasi sarana dan prasarana pengunjung. "Di area luar gua, akan kami lengkapi dengan area bermain yang lebih baik lagi, sehingga pengunjung akan lebih nyaman," kata Sunyoto.

Wisatawan yang tertarik dengan keindahan Gua Lawa tidak perlu bingung, karena akses jalan cukup mudah dijangkau. Lokasinya berada di dekat ruas jalan nasional Durenan-Prigi.

"Yang menarik itu, gua ini berada satu jalur dengan wisata yang lain. Setelah dari Gua Lawa bisa lanjut ke Pantai Prigi, Pantai Pasir Putih, Pantai Mutiara, Cengkrong atau ke wisata mangrove," jelasnya.



Simak Video "Ular Piton Sembunyi di Motor, Petugas Berjibaku Mengevakuasi "
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA