Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 04 Apr 2022 03:26 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Daftar Oleh-oleh Labuan Bajo yang Bisa Dibawa Pulang

Syanti Mustika
detikTravel
Oleh-oleh di Labuan Bajo
Foto: (Syanti/detikcom)
Jakarta -

Tak afdal rasanya jalan-jalan tapi tidak membawa oleh-oleh khas daerah untuk keluarga di rumah. Nih ide oleh-oleh yang bisa dibawa pulang bila ke Labuan Bajo.

Setelah puas menikmati keindahan alam, sepertinya perjalanan ini kurang lengkap bila tidak membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah. detikcom telah merangkum nih, rekomendasi oleh-oleh Labuan Bajo untuk kamu.

1. Kopi

Bagi kamu yang suka kopi bisa nih membeli kopi Manggarai atau Kopi Flores. Gampang kok menemukan kopi-kopi ini, di kios kecilpun kamu bisa menemukan kopi beragam jenis khas daerah NTT.

Oleh-oleh di Labuan BajoOleh-oleh di Labuan Bajo Foto: (Syanti/detikcom)

2. Roti Kompiang

Roti khas Labuan Bajo ini enak, serius. Kamu harus coba dan bawalah pulang. Roti ini ukurannya kecil, dan di atasnya ditaburi biji wijen. Di dalam roti terdapat beragam isian, ada abon, keju, coklat hingga ayam. Harganya juga terjangkau, mulai Rp 1.000 perbuahnya, tergantung isiannya apa.

Oleh-oleh di Labuan BajoOleh-oleh di Labuan Bajo Foto: (Syanti/detikcom)

3. Patung Komodo

Kamu juga bisa temukan aneka pahatan dan patung Komodo di toko oleh-oleh. Bawa replikanya dan pajang di ruang tamu sebagai tanda kamu pernah liburan ke Labuan Bajo.

4. Aneka tenunan khas Labuan Bajo

Ragam kain tenun khas Flores yang bisa kamu temukan di yang bisa kamu bawa pulang. Cantiknya lagi, kain ini ditenun secara tradisional dan menggunakan pewarna alami lho. Tiap daerah punya motif dan keunikan tersendiri. Konon ada cerita dan makna dibalik setiap motif lho.

Oleh-oleh di Labuan BajoOleh-oleh di Labuan Bajo Foto: (Syanti/detikcom)

5. Hasil kreativitas tenun

Kamu juga bisa membawa pulang tas, baju, outer, dress, topi, dan tote bag dengan basic tenun. Warga di sini juga mengembangkan produk tenun mereka menjadi barang-barang fashion yang menarik.

6. Aneka perhiasan dari mutiara

Datang ke pesisir pantai sepertinya tak lengkap bila tidak melihat produksi mutiara mereka. Jadi terdapat dua jenis mutiara, payau dan laut. Dan kualitas terbaik tentu saja dimiliki oleh mutiara laut.

Mutiara ini bisa kamu menemukan dalam bentuk gelang, manik-manik, cincin dan kalung. Harganya variatif. Mulai Rp 200 ribuan.

Oleh-oleh di Labuan BajoOleh-oleh di Labuan Bajo Foto: (Syanti/detikcom)

7. Aneka aksesoris tenun

Kain-kain tenun juga diubah menjadi aksesoris seperti gelang, kalung hingga topi. Bisa nih oleh-oleh untuk bestie kamu.

8. Aneka cemilan

Banyak juga produk-produk UMKM Labuan Bajo yang bisa kamu temukan, salah satunya adalah aneka cemilan. Cemilan ini pun terdiri dari aneka kripik dengan beragam rasa yang kekinian, kacang-kacangan dan lainnya.

Oleh-oleh di Labuan BajoOleh-oleh di Labuan Bajo Foto: (Syanti/detikcom)

9. Madu

Nih harus juga kamu beli madu hutan dari Flores untuk kesehatan keluarga kamu.



Simak Video "Siloam Hospital Labuan Bajo Sediakan Layanan Wisata Kesehatan Internasional"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA