Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 04 Apr 2022 09:16 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sumenep Punya Tanah Lot Lho, tapi Tidak Ada Pura

Suki
detikTravel
Gili Iyang disebut sebagai tempat dengan oksigen terbaik kedua di dunia. Wow, sungguh baik buat kesehatan bukan?
Gili Iyang Foto: Istimewa (dok. Disbudpar Jatim)
Sumenep -

Pariwisata Jawa Timur mulai kembali menggeliat usai dihajar pandemi. Termasuk wisata di Gili Iyang, sebuah pulau di Sumenep, Jawa Timur.

Selain terkenal dengan wisata kesehatan karena oksigennya terbaik kedua di dunia, Gili Iyang juga punya wisata pantai. Yakni Pantai Ropet. Pantai Ropet berada di Desa Banraas. Dari dermaga Gili Iyang, pengunjung akan diangkut menggunakan motor roda tiga ke pantai tersebut.

Selain terkenal dengan wisata kesehatan karena oksigennya terbaik kedua di dunia, Gili Iyang juga punya wisata pantai. Yakni Pantai Ropet.Wisata pantai di Gili Iyang, yakni Pantai Ropet. Foto: Suki/detikJatim

Untuk masuk ke pantai tersebut, pengunjung cukup merogoh kocek Rp 10 ribu. Jika laut sedang surut, maka akan tampak hamparan karang seperti di Tanah Lot, Bali.

Maka dari itu, Pantai Ropet kerap disebut-sebut sebagai Tanah Lot-nya Jatim. Seperti yang disampaikan Ahyak Ulumuddin, tour guide sekaligus Ketua Pokdarwis Gili Iyang.

Selain terkenal dengan wisata kesehatan karena oksigennya terbaik kedua di dunia, Gili Iyang juga punya wisata pantai. Yakni Pantai Ropet.Pantai Ropet Foto: Suki/detikJatim

"Tanah Lot-nya Gili Iyang. Seperti Tanah Lot (Bali), hanya di depan tidak ada pura gitu. Waktu Hari Jadi Sumenep sempat disebut seperti itu. 'Sumenep punya Tanah Lot'" kata Ahyak saat dikonfirmasi detikJatim, Senin (4/4/2022).

Pokdarwis Gili Iyang sudah membuat gazebo dan tempat selfie di Pantai Ropet pada 2017. Sebelum pandemi COVID-19, gazebo dan spot selfie terawat dengan baik.

"Namun karena ada pandemi. Akhirnya tidak terawat karena sepi pengunjung. Untuk tempat MCK dapat bantuan dari provinsi," imbuh pria yang akrab disapa Ki Ageng Ropet.

Gili Iyang masuk Kecamatan Dungkek, Sumenep. Pulau ini terdiri dari dua desa yakni Bancamara dan Banraas.Gili Iyang masuk Kecamatan Dungkek, Sumenep. Pulau ini terdiri dari dua desa yakni Bancamara dan Banraas. Foto: Suki/detikJatim

Pada Selasa (15/3), detikJatim ikut dalam rombongan Jelajah Nusa untuk singgah di Gili Iyang. Pulau itu masuk Kecamatan Dungkek, Sumenep. Pulau itu terdiri dari dua desa yakni Bancamara dan Banraas.

----

Artikel ini sudah tayang di detikjatim, "Tak Hanya Bali, Jatim Juga Punya Tanah Lot" selengkapnya klik tautan ini.



Simak Video "Melihat Keseruan Balap Perahu Nelayan di Probolinggo"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA