Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 06 Apr 2022 15:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Beach Life, Begini Ngabuburitnya Anak Pantai Batukaras

Tim Detikcom
detikTravel
Ngabuburit di Pantai Batukaras.
Foto: Aldi Nur Fadillah/detikJabar
Pangandaran -

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan sebagai pengisi waktu jelang maghrib alias ngabuburit. Kalau anak pantai, ngabuburitnya kaya apa?

Inilah kegiatan ngabuburit di Pantai Batukaras, Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran. Ngabuburit ala mereka seru banget.

Fahri, bocah berumur 8 tahun terlihat asyik di pinggir pantai. Bersama teman-temannya, mereka memancing cumi-cumi dan berburu ikan nemo.

"Nyari ikan nemo dan ikan hias," kata Fahri kepada detikJabar, Rabu (6/4/2022).

Berbekal alat seadanya dengan sair atau serok ikan kecil, Fahri menyusuri Pantai Batukaras Blok Sanghyangkalang.

Ngabuburit di Pantai Batukaras.Ngabuburit di Pantai Batukaras. Foto: Aldi Nur Fadillah/detikJabar

Pantai Batukaras tidak memiliki pasir, melainkan batu karang. Saat itu pantai dalam keadaan surut sehingga mempermudah Fahri untuk menangkap ikan di sela-sela karang.

"Ke sini bareng bapak, biasanya bapak dapet ikan hias, kaya nemo gitu," ucapnya.

Namun, saat ini Fahri tak begitu beruntung. Karena tidak menemukan ikan Nemo. "Cuman dapat ikan hias kecil dan dan kerang," kata Fahri sambil menunjukan hasil tangkapannya.

Kondisi air laut yang sedang surut dimanfaatkan juga warga Batukaras untuk mencari kerang-kerangan dan udang lobster. Jika beruntung, lobster yang terselip di karang akan sangat mudah didapatkan.

Tak hanya anak-anak, orang dewasa juga punya cara tersendiri untuk ngabuburit. Yadi (24) misalnya, warga setempat, ia terbiasa memancing untuk menunggu waktu berbuka puasa. Mancing dirasa lebih aman ketimbang melakukan surfing yang dikhawatirkan dapat membatalkan puasa.

"Lumayan sambil menunggu azan magrib, suka tidak terasa," ucapnya.

Ngabuburit di Pantai Batukaras.Ngabuburit di Pantai Batukaras. Foto: Aldi Nur Fadillah/detikJabar

Ikan yang biasanya didapatkan saat surut merupakan ikan karang. "Biasanya dapet enet, pepetek, bagad. Kalau hari ini sasarannya cumi-cumi," ungkap Yadi.

Untuk memancing cumi, Yadi harus mengganti umpannya. Semula memakai udang kecil, sedangkan untuk cumi harus menggunakan rapala atau ikan bohongan.

Selain aktivitas memancing dan berburu ikan hias. Warga yang berdatangan ke Pantai Batukaras juga mengisi ngabuburit dengan bermain pasir dan swafoto.

Spot foto di Pantai Batukaras sendiri sangat indah, langsung berhadapan dengan laut lepas. Sebelah timur nampak jelas Cagar Alam Pananjung.



Simak Video "Sejumlah Wilayah RI Diguncang Gempa Tengah Malam Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA