Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Apr 2022 15:42 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Destinasi Wisata Religi di Surabaya, yang Mana Favoritmu?

Tim detikcom
detikTravel
Sepekan menjelang Lebaran, peziarah mulai tampak ramai di Makam Sunan Ampel. Mereka merupakan warga Surabaya dan daerah sekitar.
Foto: Esti Widiyana/detikcom
Surabaya -

Surabaya memiliki beragam destinasi wisata religi. Berikut lima di antaranya. Selain bisa pelesiran, traveler bisa ngabuburit saat Ramadan ini.

Dijuluki kota pahlawan, Surabaya tidak hanya menawarkan wisata sejarah. Ibu kota Jawa Timur itu juga mempunyai spot wisata religi.

Berikut 5 rekomendasi wisata religi di Surabaya:

1. Kompleks Makam Sunan Ampel

Makam Sunan Ampel merupakan destinasi wisata religi favorit di Surabaya. Di dalam komplek Makam Sunan Ampel ada sejumlah gapura paduraksa dijuluki 'Gapuro Limo'Makam Sunan Ampel merupakan destinasi wisata religi favorit di Surabaya. Di dalam komplek Makam Sunan Ampel ada sejumlah gapura paduraksa dijuluki 'Gapuro Limo'. (Faiq Azmi/Detikcom)

Biasanya, pengunjung melakukan kegiatan keagamaan di Kompleks Makam Sunan Ampel. Mulai dari salat, nyekar, hingga khataman Al-Qur'an. Namun, ada pula masyarakat yang juga berburu kuliner ala Timur Tengah.

Kawasan ini juga menjadi surganya kuliner Timur Tengah, seperti roti maryam, pukis Arab, samosa, hingga gule. Selain itu, ada juga beragam pernak-pernik serba Arab yang dijajakan di sana. Mulai dari gamis, kerudung, sajadah, hingga kurma dan jintan hitam.

2. Masjid Al Akbar Surabaya

Masjid Al Akbar Surabaya tidak mengelar salat Idul Adha 1442 Hijriah untuk umum. Salat hanya diikuti 75 orang internal.Masjid Al Akbar Surabaya (Esti Widiyana/detikcom)

Masjid Al Akbar Surabaya memiliki taman edukasi seperti Taman Asmaul Husna dan Masjid Edu Park.

Di kompleks masjid juga ada menara tinggi yang bisa dinaiki. Di menara ini, pengunjung bisa melihat Kota Surabaya dari atas ketinggian 99 meter. Selain itu, di sekitar masjid juga banyak penjual makanan khas Surabaya.

3. Taman Bungkul

tamanTaman Bungkul Surabaya Foto: (Widi Arini/d'Traveler)


Taman Bungkul menjadi salah satu wisata religi yang wajib dikunjungi di Surabaya. Di kompleks taman ini juga terdapat Makam Sunan Bungkul atau Mbah Bungkul.

Taman Bungkul merupakan salah satu taman terbesar dan menjadi kebanggaan warga Surabaya. Di taman seluas 10.000 meter ini, pengunjung bisa menikmati pepohonan yang rindang dengan suasana jogging track yang nyaman. Area taman ini juga dilengkapi tanaman hias air mancur warna-warni, tempat bermain anak, arena skateboard, hingga arena sepeda BMX.

4. Makam Mbah Buyut Tondo

Kampung Wisata KetandanMakam Mbah Buyut Tondo di Kampung Wisata Ketandan Foto: Kampung Wisata Ketandan


Situs bersejarah Makam Mbah Buyut Tondo berada di Kampung Ketandan Surabaya. Makam ini menempati lahan 10x15 meter. Areal makam cukup luas dan asri dengan pohon beringin besar yang memayunginya.

5. Masjid Rahmat Kembang Kuning Surabaya

Warga melintas di depan Masjid Rahmat, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (16/4/2021). Masjid yang terletak di Jalan Kembang Kuning tersebut merupakan salah satu masjid tua di Surabaya dan peninggalan Sunan Ampel. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/aww.Masjid Rahmat, Surabaya (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Masjid yang berada di Jalan Kembang Kuning Surabaya ini merupakan salah satu masjid tertua di Surabaya. Keberadaan masjid tersebut sudah ada sejak zaman Sunan Ampel.

Namun, bangunan masjid yang ada saat ini merupakan bangunan baru yang dibangun tahun 1967. Dikisahkan, dulu Sunan Ampel mendapat hadiah sebidang tanah di daerah utara Surabaya yang disebut Ampel Denta dari Raja Majapahit, Prabu Brawijaya.

Dalam perjalanan menuju Ampel Denta, Sunan Ampel dan Ki Wiro Saroyo singgah di daerah Kembang Kuning. Di sana, keduanya membangun tempat berteduh sekaligus tempat beribadah yang menjadi cikal bakal Masjid Rahmat Kembang Kuning.

***

Selengkapnya di detikJatim, klik di sini.



Simak Video "Menengok Petilasan Cindelaras yang Kerap Didatangi Calon Pejabat"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA