Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 26 Apr 2022 18:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Masjid Lingkaran Berfasad Gerakan Salat di Rest Area KM 379 A

Putu Intan
detikTravel
Masjid Sabilul Istiqomah menjadi salah satu ikon dari Rest Area KM 379 A di ruas Tol Batang-Semarang. Selain modern, masjid ini juga punya bentuk yang unik.
Masjid Sabilul Istiqomah di Rest Area 379 A. Ada gerakan salat di fasad masjid, terlihat?. Foto: Rifkianto Nugroho
Batang -

Masjid di Rest Area KM 379 A Tol Batang-Semarang memiliki bentuk unik dengan fasilitas lengkap. Masjid bergaya kontemporer itu cocok disinggahi pemudik yang ingin beribadah.

Masjid Sabilul Istiqomah berbeda dari masjid-masjid pada umumnya. Masjid itu dindingnya melingkar dan didominasi warna abu-abu dan hitam.

Menurut Manager Corporate Administration & Communication PT Jasa Marga Related Business, Rahavica Putri, masjid itu memang mengusung konsep kontemporer. Bentuknya dibuat dinamis dengan makna-makna tertentu.

"Bentuknya yang berupa lingkaran melambangkan kesempurnaan," kata Rahavica ketika dihubungi detikcom via pesan singkat.

Masjid Sabilul Istiqomah menjadi salah satu ikon dari Rest Area KM 379 A di ruas Tol Batang-Semarang. Selain modern, masjid ini juga punya bentuk yang unik.Masjid Sabilul Istiqomah. Foto: Rifkianto Nugroho

Selain itu, motif pada dinding Masjid Sabilul Istiqomah juga terlihat unik. Jika dilihat dari jauh, motifnya menggambarkan gerakan salat.

"Motif pada fasad melambangkan gerakan salat mulai dari berdiri, ruku, sujud, dan lain-lain. Dengan tulisan Allah di bagian tengah," ia menjelaskan.

Masjid Sabilul Istiqomah menjadi salah satu ikon dari Rest Area KM 379 A di ruas Tol Batang-Semarang. Selain modern, masjid ini juga punya bentuk yang unik.Fasad gerakan salat di Masjid Sabilul Istiqomah. Foto: Rifkianto Nugroho

Kemudian masjid ini juga tampak sejuk kendati lokasi jalan Tol Batang-Semarang ini berada di tepi pantai yang cenderung terik. "Desain masjid ini dibuat untuk memaksimalkan sirkulasi udara dan pencahayaan alami," ujarnya.

Masjid Sabilul Istiqomah sendiri letaknya di tengah-tengah Rest Area 379 A. Rupanya, posisi itu juga memiliki makna filosofis.

"Posisinya yang berada di tengah-tengah rest area bermakna sebagai pusat atau inti dari rest area itu sendiri," katanya.

Masjid Sabilul Istiqomah menjadi salah satu ikon dari Rest Area KM 379 A di ruas Tol Batang-Semarang. Selain modern, masjid ini juga punya bentuk yang unik.Masjid Sabilul Istiqomah. Foto: Rifkianto Nugroho

Melihat fasilitasnya, masjid ini akan membuat pemudik nyaman. Selain ruang salat yang luas, di sana juga terdapat toilet yang bersih, tempat wudhu yang dapat menampung banyak orang, serta ruang laktasi untuk ibu menyusui.

Sementara itu, detikcom merekomendasikan pemudik dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah untuk beristirahat di Rest Area KM 379 A ini. Fasilitas rest area ini sangat lengkap, mulai dari SPBU, tempat makan, toilet, minimarket, hingga toko oleh-oleh.

Apalagi di rest area ini terdapat stasiun pengisian daya untuk mobil listrik. Jadi, lokasi ini akan memenuhi kebutuhan pemudik sebelum kembali melanjutkan perjalanan.



Simak Video "Ada Charger Mobil Listrik hingga Masjid Unik di Rest Area KM 379"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA