Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 05 Mei 2022 15:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Melihat Wajah Baru Stasiun Malang, Ada Sky Bridge Instagenic

Putu Intan
detikTravel
Stasiun Malang Kota Baru Sisi Timur
Stasiun Malang dengan wajah baru.Foto: Putu Intan/detikcom
Malang -

Stasiun Malang kini punya wajah baru yang lebih moderen. Selain itu, fasilitas di dalamnya juga makin lengkap, termasuk jembatan layang (sky bridge) yang jadi spot foto favorit.

Stasiun Malang Kota Baru dengan desain anyar ini berada di sisi Timur. Stasiun ini mulai beroperasi pada 15 Mei 2021 dan digunakan untuk keberangkatan kereta api jarak jauh.

Stasiun Malang Kota Baru Sisi TimurStasiun Malang Kota Baru Sisi Timur. Foto: Putu Intan/detikcom

Dilihat detikcom dari akun Twitter Kereta Api Indonesia @KAI121, pengoperasian Stasiun Malang Kota Baru Sisi Timur ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan kereta api dan dalam rangka pengembangan perkeretaapian di Jawa Timur, khususnya wilayah Malang.

Sementara itu, saat ini Stasiun Malang yang lama juga masih beroperasi. Keduanya dihubungkan oleh sky bridge. Dari atas jembatan, kita dapat melihat kereta api melintas dengan bonus pemandangan Gunung Semeru.

Stasiun Malang Kota Baru Sisi TimurSky Bridge di Stasiun Malang Kota Baru. Foto: Putu Intan/detikcom

Bila melihat bangunannya sendiri, Stasiun Malang Kota Baru Sisi Timur terinspirasi dari Gunung Putri Tidur. Itu dapat terlihat dari satu sisi atap yang lebih tinggi dibandingkan sisi lainnya. Ini seperti perwujudan manusia yang sedang tidur.

Gunung Putri Tidur sendiri memang ada di Malang. Gunung itu terdiri atas Gunung Butak, Gunung Panderman dan Gunung Kawi yang berjejer layaknya putri sedang tidur.

Stasiun Malang Kota Baru Sisi TimurPemandangan gunung dari Stasiun Malang Kota Baru Sisi Timur. Foto: Putu Intan/detikcom

Bangunan stasiun ini juga ramah lingkungan karena menggunakan sirkulasi udara dan konsep go green. Jika berada di sana, penumpang akan merasa sejuk.

Keunggulan Stasiun Malang Kota Baru Sisi Timur juga terlihat dari fasilitasnya. Penumpang dapat melakukan mobilitas menggunakan eskalator. Lalu terdapat ruang tunggu yang dilengkapi tempat bermain anak serta ruang VIP untuk penumpang kereta luxury.

Stasiun Malang Kota Baru Sisi TimurStasiun Malang Kota Baru Sisi Timur dilengkapi eskalator. Foto: Putu Intan/detikcom

Di sana juga terdapat minimarket dan toko oleh-oleh. Tak perlu khawatir dengan tempat parkir karena lebih luas dibandingkan stasiun yang lama.

Selain itu, posisi Stasiun Malang Kota Baru Sisi Timur ini juga dekat dengan Kampung Warna-warni dan Kampung Tridi. Jika ingin kulineran, di sekitarnya juga terdapat tempat kuliner legendaris seperti Rawon Rampal dan Bakso Bakar Pak Man.



Simak Video "KAI Expo 2022 Suguhkan 77 Ribu Promo Tiket Kereta Api"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA