Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 10 Jul 2022 12:56 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pemukuran Hill Suguhkan Pemandangan Bali nan Cantik, HTM Gratis

Pemukuran Hill yang terletak di Banjar Adat Dukuh, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem
Foto: I Wayan Selamat Juniasa/detikBali
Karangasem -

Traveler yang berlibur ke Bali dapat datang ke Pemukuran Hill di Kabupaten Karangasem. Tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan gunung hingga laut yang menawan.

Pemukuran Hill saat ini dikelola oleh Banjar Adat setempat sebagai salah satu tempat wisata bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dari ketinggian.

"Viewnya sangat indah di sana, jadi sangat cocok untuk berlibur bersama dengan keluarga atau pasangan," kata Kelian Banjar Adat Dukuh I Nengah Karsa (67), Sabtu (9/7/2022).

Nengah Karsa mengatakan awalnya tempat tersebut merupakan sebuah agrowisata salak karena memang di sana banyak terdapat pohon salak, tapi karena pemandangannya yang indah akhirnya diputuskan untuk diubah menjadi sebuah tempat wisata. Dengan nama Pemukuran Hill di tahun 2017 yang lalu yang kemudian ditata supaya lebih menarik dan juga dipasang sebuah tulisan supaya lebih kekinian.

Selain itu, untuk menunjang para wisatawan yang datang di lokasi juga sudah disediakan tempat makan dan juga beberapa tempat untuk beristirahat. Sehingga para wisatawan yang datang menjadi lebih nyaman sambil menikmati keindahan alam dari ketinggian.

"Biasanya wisatawan ramai berkunjung saat hari raya Galungan dan Kuningan biasanya datangnya bersama rombongan keluarga ada yang dari Klungkung, Gianyar, Denpasar dan yang lainnya, sedangkan untuk setiap harinya paling yang datang hanya masyarakat lokal yang ada di sekitar saja terutama anak-anak remaja," katanya.

Sedangkan untuk wisatawan mancanegara diakui oleh Nengah Karsa masih sedikit cuma ada beberapa saja, itupun diajak oleh agen yang kebetulan berkunjung ke Agrowisata Abian Salak Sibetan. Tapi untuk kedepannya diharapkan supaya kunjungan wisatawan mancanegara lebih banyak lagi yang datang ke Pemukuran Hill.

Untuk tiket masuk ke Pemukuran Hill Nengah Karsa mengaku tidak ada tiket khusus tapi sifatnya dana punia yang sudah ditaruh di tempat tersebut. "Tiketnya bersifat dana punia tidak ada paksaan tergantung kesadaran dari wisatawan yang datang ke sana tapi biasanya saat hari raya Galungan dan Kuningan banyak yang medana punia," kata Nengah Karsa.

Nantinya uang dana punia dari para wisatawan yang datang ke Pemukuran Hill akan dibuka setiap satu tahun sekali, untuk digunakan sebagai biaya kebersihan dan juga perawatan agar tetap terlihat indah dan bersih.

Artikel ini sudah tayang di detikBali.



Simak Video "Kemenparekraf Sambut Ratusan Turis Tiongkok di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA