Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 26 Jul 2022 13:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

4 Wisata Kediri Buat Kamu yang Pemberani, Ayo Cobain!

Tim detikcom
detikTravel
Wajah baru Gunung Kelud
Foto: Mendaki Gunung Kelud (Pradikta Kusuma/d'Traveler)
Kediri -

Kediri menawarkan pesona keindahan alam yang penuh tantangan. Buat kamu yang mengaku pemberani, ini 4 wisata Kediri yang bisa dicoba. Berani tidak?

Wisata Kediri ada banyak. Alamnya juga masih banyak yang bisa dieksplorasi.

Berikut 4 wisata Kediri yang direkomendasikan buat traveler:

1. Gunung Kelud

gunung keludGunung Kelud (Foto: Istimewa)

Wisata Kediri yang pertama tentu saja Gunung Kelud. Traveler pecinta alam boleh banget kalau mau cobain mendaki gunung ini. Gunung Kelud dikenal sebagai gunung berapi yang masih aktif.

Menurut Volcanic Explositivy Index, Gunung Kelud memiliki besaran letusan di skala 5 dari 8 level, artinya letusannya sangat besar. Gunung ini masuk dalam tipe stratovulkan, yaitu letusannya yang eksplosif.

2. Bukit Kura-kura Ongakan

Selanjutnya ada Bukit Kura-Kura Ongakan yang berada di lereng Gunung Kelud sebelah utara, tepatnya di Desa Besowo, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Bukit ini menjadi tempat berakhir pekan anak-anak muda setempat. Pemandangannya luar biasa memikat hati dan memanjakan mata karena gugusan bukit yang begitu besar dan luas. Pesonanya sudah menjerat sejak berjalan di hutan pinus.

Bukit Kura-Kura Ongakan di KediriBukit Kura-Kura Ongakan di Kediri Foto: Gema Bayu Samudra/d'Traveler

Lokasinya cukup jauh dari Pemerintahan Kabupaten Kediri. Jaraknya sekitar 37 km dengan waktu tempuh 1,5 jam kurang. Kalau dari Kampung Inggris Pare berjarak 24 km dengan jarak tempuh 40 menit.

Biaya HTM (Harga Tiket Masuk) Rp 5.000, untuk parkir motor traveler hanya perlu merogoh kocek Rp 3.000, sedangkan untuk parkir mobil Rp 20.000. Pengunjung juga akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.500 untuk berfoto di pohon cinta.

3. River Tubing Desa Jambu

Wisata menantang adrenalin ada di desa wisata Jambu, sebuah desa wisata yang berlokasi di Kecamatan Kayen Kidul, Kediri, Jawa Timur. Di sini ada wahana river tubing, namanya Tubing Sungai Niagara.

Desa Wisata JambuDesa Wisata Jambu Foto: (Desa Wisata Jambu)

Traveler akan diajak menyusuri aliran Sungai Serinjing kurang lebih 2 km. Nantinya, di sepanjang perjalanan, kamu akan menemukan pemandangan hutan bambu yang masih sangat alami. Pada akhir lintasan, traveler akan meluncur di bendungan setinggi 20 meter dengan kemiringan 45 derajat. Seru abis!

4. Jalan Misteri

Terakhir, di Kediri ada sebuah jalan yang diberi nama jalan Misteri. Sesuai dengan namanya, jalan di kawasan Gunung Kelud ini menyisakan misteri. Di jalan sepanjang 100 meter ini, motor dan mobil bisa menanjak sendiri dalam kondisi mesin mati.

Traveler bisa mencoba sendiri keanehan jalan ini. Caranya dengan botol air mineral. Saat ditaruh, botol tersebut justru menggelinding ke jalan yang menanjak, bukan ke jalan yang menurun. Aneh kan?



Simak Video "Jalur Misterius Mengandung Medan Magnet yang Kuat di Kaki Gunung Kelud, Kediri"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA