Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 29 Agu 2022 11:08 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

12 Fakta Anambas, Surga Tersembunyi di Perbatasan Tiga Negara

Pulau Bawah di Anambas
Foto: Rafida Fauzia/detikcom
Kepulauan Anambas -

Kepulauan Anambas merupakan salah satu kepulauan eksotis yang dimiliki Indonesia. Meski berlokasi di wilayah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal), Anambas menyimpan potensi dan daya tarik pariwisata yang menyejukkan mata.

Kabupaten yang masuk ke dalam Provinsi Kepulauan Riau ini pernah dinobatkan sebagai salah satu pulau tropis terindah di Asia. Keindahannya mampu menandingi Raja Ampat di Papua Barat maupun Maldives di Samudra Hindia.

Tim Tapal Batas detikcom mengajak traveler untuk kembali menjelajahi Tapal Batas Anambas secara dekat. Simak fakta menarik Anambas yang menjadi surga tersembunyi di perbatasan tiga negara ini.

1. Punya 255 Pulau

Kepulauan Anambas merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Natuna pada 2008 silam yang terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil. Daerah ini kaya akan wisata alam karena dari 255 pulau yang dimiliki hanya 26 pulau yang dihuni oleh penduduk.

2. Berbatasan dengan Malaysia, Vietnam dan Thailand

Pendangan udara Tarempa di Pulau Siantan, Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau, Rabu (3/8/2022). Saat berkunjung ke Tarempa traveler akan disambut pemandangan bangunan masjid megah dengan kubah hijau.Tarempa, Kota Pinggir Laut di Kepulauan Anambas Foto: Rafida Fauzia

Anambas terletak dan berbatasan langsung dengan perairan tiga negara sekaligus seperti Malaysia, Vietnam, dan Thailand. Posisi tersebut menjadikan Anambas sebagai salah satu gerbang pulau terdepan Indonesia.

3. Memiliki 264 Destinasi Wisata

Berdasarkan data dinas Pariwisata dan Kebudayaan Anambas, terdapat 264 destinasi atau daya tarik wisata. Ini terdiri dari 214 wisata alam seperti pulau, pantai, spot diving dan lainnya. Kemudian 45 wisata sejarah, dan 5 wisata buatan.

4. Pulau Bawah Pulau Tropis Terbaik

Pulau Bawah di AnambasPulau Bawah, Surga Tersembunyi di Kepulauan Anambas Foto: Johanes Randy

Pulau Bawah pernah dinobatkan sebagai pulau tropis terbaik di Asia. Perairannya jernih biru muda kehijauan dengan hamparan pasir putih mengelilingi laguna. Traveler yang berkunjung ke sini dapat menikmati kemewahan eco-resort yang dibangun dengan konsep back to nature.

5. Kota Pinggir Laut

Tarempa menjadi ibu kota dari Kepulauan Anambas yang secara geografis berada di pantai utara Pulau Siantan. Letaknya yang berada di pinggir laut membuat Tarempa disebut kota pinggir laut terindah di perbatasan.

6. Ragam Ikon Wisata Sejarah dan Religi

Di Anambas, ada banyak ikon-ikon wisata yang khas dan kerap dikunjungi wisatawan seperti Batu Tumpak Tiga, Batu Lepe, Masjid Agung Baitul Makmur, Masjid Jamik Baiturrahim, Vihara Gunung Dewa Siantan hingga pesona Air Terjun Temburun.

Halaman Selanjutnya: Keragaman Suku dan Budaya

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA