Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 11 Nov 2022 05:02 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

6 Kisah Mistis Gang Gendruwo di Kulon Progo, Baca Kalau Berani!

Suasana di Gang Gendruwo, Temon, Kulon Progo, Minggu (6/11/2022).
Foto: Gang Gendruwo di Kulon Progo (Jalu Rahman Dewantara/detikJateng)
Kulon Progo -

Gang Gendruwo di Kulon Progo diselimuti oleh kisah-kisah mistis. Banyak yang mengaku pernah melihat penampakan makhluk astral di sini. Bagaimana kisahnya?

Gang Gendruwo berlokasi di Dusun Kedungbanteng, Kalurahan Temon Kulon, Kapanewon Temon, Kulon Progo. Gang ini dikenal memiliki beragam cerita mistis.

1. Penampakan Tuyul

Salah satu warga yang pernah tinggal di Gang Gendruwo, Nur Widodo ternyata memiliki cerita tentang penampakan tuyul yang pernah dia lihat dengan mata kepalanya sendiri.

"Kalau saya yang lihat sendiri di depan rumah itu (sewaktu rumah masih dihuni), sore magrib-magrib lihat anak kecil mainan kelereng. Saya bilangin, kamu anak kecil kok udah sore nggak pulang. Ternyata dia bukan manusia, ada yang bilang itu tuyul," ujar Nur Widodo (58) saat dihubungi Minggu (6/11/2022) lalu.

Di sepanjang Gang Gendruwo, hanya ada satu rumah yang kini sudah dikosongkan oleh pemiliknya. Dodo sapaan karibnya, adalah pemilik rumah satu-satunya di Gang Gendruwo itu. Masa kecil Dodo dihabiskan di rumah itu.

2. Diganggu Suara-suara Gaib

Dodo menyebut gangguan yang paling sering dia alami adalah gangguan suara saat malam hari. Selalu terdengar ketukan jendela pada pukul 21.00 WIB, namun saat dicek tidak ada sosok yang menimbulkan suara tersebut.

"Dulu waktu saya masih tinggal di situ, tiap jam 9 malam, jendela pasti ada yang ngetuk. Tiap malam itu, sampai kita udah hapal jadi dibiarin aja," ucapnya.

3. Gangguan Suara Gaib Terjadi Juga di Siang Bolong

Tak hanya di malam hari, munculnya gangguan berupa suara-suara dari sosok yang tidak berwujud, bahkan terjadi juga saat siang hari bolong.

"Pernah dulu di pekarangan saya, ada tukang petik kelapa, masih kerja sekitar jam habis 12 siang atau bedug. Nah mesti kalau kerja lewat jam segitu ada suara yang ngeleke (mengingatkan) untuk liren (berhenti). Tapi itu cuma suara dan nggak keliatan orangnya," bebernya.

Selanjutnya: Pekerja Proyek Bandara YIA Pun Ikut Diganggu

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menelusuri Gang Gendruwo di Kulon Progo yang Diselimuti Cerita Horor"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Adu Perspektif
×
Geger Capres Rambut Putih Keriput
Geger Capres Rambut Putih Keriput Selengkapnya