Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 25 Nov 2022 19:33 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Taman Mumbul, Tempat Melukat Favorit Lainnya di Bali

Potret Taman Mumbul Sangeh.
Taman Mumbul Sangeh (Foto: dok. Dinas Pariwisata Bali)
Jakarta -

Tradisi melukat di Bali semakin populer. Satu tempat lagi yang jadi favorit saat ini, yakni Taman Mumbul Sangeh, Badung.

Taman yang telah beroperasi sejak Desember 2016 ini jadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi wisatawan. Taman Mumbul Sangeh dikelola oleh kelompok masyarakat Desa Sangeh yakni Sangeh Traditional Activities (STA). Simak berikut informasi lengkap mengenai Taman Mumbul Sangeh.

Dilansir dari laman resmi Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tirta Taman Mumbul terletak di Desa Sangeh. Taman Mumbul Sangeh ini juga lebih populer dengan sebutan Monkey Forest, sebab letak hutannya tak jauh dari mata air.

Taman Mumbul Sangeh punya mata air yang jernih dan segar dikelilingi ratusan pohon yang membuat pemandangan kehijauan begitu indah. Tak heran jika banyak pelancong menyempatkan diri untuk refreshing di sini.

Taman ini memiliki sebuah tempat suci (pura) yang juga digunakan sebagai tempat upacara Melasti bagi masyarakat Desa Sangeh. Kemudian terdapat sebuah kolam dengan air jernih dan dihuni oleh ribuan ikan. Makanya, tempat ini dianggap suci.

Cara menuju Taman Mumbul Sangeh

Taman Mumbul berada di kawasan wisata Banjar Brahmana, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali. Letaknya kurang lebih satu kilometer dari objek wisata alam Sangeh. Bahkan jika dari Kota Denpasar, lokasi wisata dapat dijangkau dalam waktu kurang lebih 60 menit.

Dari arah Denpasar, sekitar 100 meter sebelum objek wisata Sangeh ada sebuah perempatan.

Ambil jalan ke kanan sekitar 200 meter menuju Penglukatan Pancoran Solas dan Pura Taman Mumbul.

Selain Monkey Forest juga dekat dengan Tanah Uwuk, agrowisata Pelaga, air terjun Nungnung, dan Jembatan Tukad Bangkung.

Fasilitas umum di Taman Mumbul Sangeh:

Tempat Parkir

Pengelolaan tempat wisata ini oleh masyarakat setempat sudah cukup baik. Dengan adanya tempat parkir kendaraan mulai dari sepeda, motor, mobil, atau bus pariwisata pun ada. Biasanya parkir kendaraan ada di dekat pura Tirta Taman Mumbul.

Warung makanan

Perlukah wisatawan bawa bekal sendiri? Jawabannya tidak! Wisatawan bisa jajan makanan yang dijajakan di Taman Mumbul Sangeh.

Gazebo (bale bengong)

Ada pula gazebo untuk tempat nyantai sekaligus berkumpul makan bersama orang-orang tercinta di tempat wisata ini.

Toilet

Jangan takut tidak bisa buang air, karena tempat wisata ini juga menyediakan toilet umum, kok!

Penyewaan pakaian melukat

Sudah ada tempat penyewaan pakaian yang lengkap dengan selendang serta kain untuk melukat di sini. Jadi kamu bisa mengisi kembali pikiranmu sebelum kembali bekerja.

Loker barang

Kamu membawa barang cukup banyak? Jangan khawatir, ada loker untuk menyimpan barang-barangmu. Namun tak perlu bawa barang-barang berharga ya detikers, bawalah barang yang memang kamu butuhkan untuk berkunjung ke tempat wisata.

Artikel ini sudah tayang di detikBali



Simak Video "Geger Sejoli Berpakaian Adat Bali Mesum di Mobil Usai Melukat"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA