Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Jun 2013 15:50 WIB

D'TRAVELERS PHOTOS

Jangan Cuma Tahu Manisnya Gula, Datangi Museumnya di Klaten

Andy Kepo
d'travelers
Foto 1 dari 8
Museum Gula Gondang Winangoen
Museum Gula Gondang Winangoen
detikTravel Community -

Museum Pabrik Gula 'Gondang Winangoen' terletak di Kota Klaten, Jawa Tengah. Selain replika alat-alat pembuatan gula beserta diorama pabriknya, ada pula lokomotif kereta tebu dan kereta wisata pabrik.

Museum Pabrik Gula 'Gondang Winangoen' adalah salah satu museum pabrik gula milik PT Perkebunan Nusantara, BUMN perkebunan di Kota Klaten, Jawa Tengah. Museum ini berlokasi di jalan utama Kota Klaten, sekitar 15 menit dari Candi Prambanan di Yogya.

Dengan tiket masuk Rp 3.000 per orang, wisatawan bisa berkeliling Museum Pabrik Gula. Ada replika alat-alat pembuatan gula, diorama pabrik gula dan perkebunan tebu, foto-foto bersejarah, dan alat-alat komunikasi yang digunakan zaman dulu.

Replika peralatan tersebut antara lain alat pembuat gula klasik bertenaga sapi hingga mesin, roda gigi penggiling tebu, pengukur tanah, penimbang gula, beragam gelas dan tabung pengukur laboratorium kimia, stetoskop, alat komunikasi dan penghitungan, juga beberapa alat lain yang digunakan pabrik tersebut sejak zaman Belanda.

Selain itu, ada pula beberapa lokomotif kereta uap klasik yang dijadikan pajangan. Cukup bagus untuk berfoto ria, terutama bagi traveler pecinta kereta api klasik. Ada juga kereta uap wisata yang bisa dinaiki, dengan membayar Rp 10.000 per orang. Rutenya, keliling pabrik gula dan gudang tebu di area museum tersebut.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED