Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Apr 2012 12:08 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Gowes Seru ke Lubuak Tampuruang, Padang

jamily ten
d'travelers
Foto 1 dari 5
Berenag di Lubuak Tampuruangbisa menjadi penyegar setelah menggowes sepeda
Berenag di Lubuak Tampuruangbisa menjadi penyegar setelah menggowes sepeda
detikTravel Community -

Siapa sangka, di dalam komplek perumahan masih ada air terjun kecil yang alami dengan jalur yang asyik buat bersepeda. Ya, lokasi ini berada di Perumahan Belimbing, Padang. Tempatnya yang seru bisa jadi alternatif Anda liburan sambil olahraga saat weekend.

Lubuak Tampuruang, begitulah orang memanggil air terjun kecil yang berada di lingkungan Perumahan Belimbing, Padang. Lokasinya yang masih sejuk membuat komplek ini sering digunakan untuk jalan-jalan atau berolahraga.

Perumahan Belimbing (Balimbiang) sendiri terletak sekitar  12 km sebelah timur dari pusat Kota Padang, Kecamatan Kuranji. Lingkungan di sekitar perumahan tersebut memang masih sangat asri dan dipenuhi pepohonan. Nah, persis di seberang jalan akses utamanya terdapat perbukitan Kuranji yang hijau.

Perbukitan Kuranji inilah yang menjadi bisa jadi sasaran empuk untuk mencari keringat saat weekend. Perbukitan ini juga yang menjadi pintu masuk Lubuak Tampuruang. Air terjun kecil ini masih memiliki air yang jernih dan segar. Lubuak Tampuruang berasal dari kata "lubuak" yang berarti sungai dalam menyerupai kolam dan sedikit berbatu dan "tampuruang" yang berarti tempurung atau batok kelapa. Konon, nama ini diambil karena bentuk air terjun yang kecil dan sungainya hampir membentuk setengah lingkaran seperti batok kelapa.

Untuk menuju Lubuak Tampuruang sebaiknya Anda menggunakan motor cross atau sepeda gunung. Karena memang jalur yang dilewati cukup menguji nyali dan memacu adrenalin. Tentunya, karena akses yang akan dilewati terdiri atas tanah, pasir, dan batu. Bahkan di salah satu spotnya, turunan yang sejauh 1 km sudah menanti kedatangan pengunjung yang ingin uji nyali.

Untuk perjalanan kali ini saya bersama kedua teman memilih menggunakan sepeda gunung. Setelah menggowes menyusuri jalan-jalan kampung serta sawah-sawah yang mengitarinya, lama-kelamaan jalan yang ditempuh berubah menjadi jalan bertanah.

Selama kurang lebih 40 menit menempuh perjalanan yang lumayan ekstrem, sampailah kita di Lubuk Tampuruang. Pepohonan yang teduh, air yang jernih dan segar menyambut kedatangan para petualang yang siap menyeburkan diri ke dalam muara air terjun tersebut.

Sekadar informasi di tengah perjalanan, Anda akan menemui kantor PDAM yang mengurusi persediaan air untuk wilayah timur Kota Padang. Jadi, terbayangkan gimana jernih dan segarnya air yang ada di sana.

Sejuk, nyaman, dan menantang! Itulah panorama yang ditawarkan oleh Perumahan Belimbing dengan Lubuak Tampuruang. Tertarik untuk uji nyali akhir pekan ini?

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED