Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 01 Okt 2014 11:51 WIB

D'TRAVELERS STORIES

9 Tips Mengikuti Festival Songkran Untuk Traveler

Dania
d'travelers
Foto 1 dari 2
Songkran di Chiang Mai
Songkran di Chiang Mai
detikTravel Community - Thailand juga punya banyak festival unik, salah satunya adalah Festival Songkran untuk menyambut Tahun Baru Thailand. Festival ini terkenal dengan acara basah-basahan, untuk itu ketahui dulu beberapa tips untuk wisatawan.

Apakah travelers pernah mendengar mengenai Festival Songkran di Thailand? Festival Songkran merupakan perayaan tahun baru yang dirayakan dengan saling melempar air atau 'perang air' sebagai ritual 'pembersihan'. Festival ini serempak dirayakan di seluruh negara Thailand. Seru banget!

Festival ini adalah salah satu perang terseru sekaligus terdamai yang semestinya dijadikan prototipe peperangan. Kali ini, saya ingin membagi tips untuk traveler yang tertarik mengikuti festival Songkran yang biasa diadakan dari tanggal 13-15 April setiap tahunnya.

1. Cari tempat yang ramai dikunjungi wisatawan.

Carilah tempat- tempat yang ramai dikunjungi wisatawan untuk merayakan Songkran. Karena semakin ramai pasti akan semakin seru! Salah satu tempat yang paling direkomendasikan untuk merayakan Songkran adalah Kota Chiang Mai yang berada di Thailand Utara.

Selain karena kecantikan kota tuanya, pusat Kota Chiang Mai dikelilingi oleh reruntuhan benteng dan kanal. Peserta Songkran banyak berkumpul di pinggiran kanal, karena dengan begitu mereka akan mudah mengisi ‘amunisi’ air.

2. Booking hotel dan transportasi jauh-jauh hari


Hari-hari Festival Songkran merupakan peak season hampir di seluruh kota. Sebaiknya siapkan budget lebih untuk penginapan, karena pasti akan lebih mahal harganya untuk wisatawan.

3. Datang sebelum festival, pulang setelah festival

Kedatangan dan kepergian dari kota yang traveler tuju, sebaiknya beberapa hari sebelum dan sesudah Festival Songkran. Meskipun tanggal resmi Songkran adalah tanggal 13-15 April, di kota- kota tertentu, penduduk lokal maupun turis sudah memulai melempari air di H-1 dan H+1. Para traveler dapat mengunjungi objek- objek wisata di kota tujuan dengan tenang sebelum Songkran.

Apabila berencana untuk meninggalkan kota di hari Songkran, sebaiknya berjaga-jaga, agar diri Anda maupun tas tidak basah terkena serangan air. Saya banyak mendapati turis-turis yang baru datang, maupun yang akan pergi, pada saat berlangsungnya Songkran marah karena barang-barangnya basah terkena lemparan air.

Sebaiknya traveler mengantisipasi hal tersebut sebelumnya. Untuk ketersediaan kendaraan umum, tidak perlu khawatir karena transportasi dalam kota maupun antarkota tetap beroperasi seperti hari biasa. Lancar!

4. Amankan peralatan elektronik

Tips selanjutnya, amankan peralatan elektronik Anda. Gunakan zipper plastic bag atau wadah anti air. Pastikan wadahnya tertutup rapat dengan benar. Bagi yang ingin berfoto saat berlangsungnya Songkran, sebaiknya memakai kamera anti air atau memakai waterproof case. Selama perang air, semua orang tidak akan pandang bulu dalam memilih objek, tidak peduli anda sedang membawa peralatan elektronik atau tidak.

5. Beli pistol air, jangan lupa ditawar

Tips berikutnya, saat membeli senapan air atau peralatan perang air lainnya, sebaiknya mencari perbandingan harga dari beberapa pedagang. Penjual memanfaatkan kebutuhan dan keawaman turis, sehingga terkadang memberi harga tinggi. Jangan segan untuk menawar apabila harga yang diberikan dirasa tidak rasional. Apabila memungkinkan, Anda bisa meminta tolong penduduk lokal untuk dititipkan membeli barang yang Anda mau. Biasanya penjual akan menjual lebih murah kepada penduduk lokal.

6. Jaga stamina

Traveler juga harus menjaga kesehatan baik- baik. Untuk orang Indonesia yang rawan masuk angin, sebaiknya siapkan obat-obatan yang diperlukan. Banyak 'markas pertahanan' yang menggunakan air es sebagai amunisi mereka. Jam dimulainya Songkran adalah sekitar pukul 09.00 pagi sampai pukul 18.00 sore, dan Anda dipastikan akan basah kuyup selama festival berlangsung.

7. Jangan lupa pakai sunblock

Tips lain yang bisa dicoba adalah pakailah waterproof sunblock. Anda akan bermain air di area terbuka seharian di hari- hari paling panas di Thailand. Sehari saja Anda tidak memakai sunblock, bisa merusak hari-hari Anda berikutnya karena kulit yang perih terbakar matahari.

8. Bermain aman

Para traveler juga wajib untuk menjaga keselamatan diri sendiri. Anda dapat mengikuti Songkran dengan bermarkas di suatu tempat bergabung dengan tim, ataupun mengikuti arak-arakan yang biasanya menggunakan mobil pick up atau truk dengan bak terbuka. Banyak kecelakaan yang terjadi di jalan raya pada saat Songkran, sebagian besar karena kendaraan yang tergelincir di jalanan yang basah.

9. Jangan emosi

Tips terakhir tentunya ciptakanlah suasana hati yang kondusif. Jangan mudah tersinggung atau marah hanya karena hal- hal kecil yang tidak disengaja. Songkran adalah festival seru untuk senang-senang. Jangan ada dendam di antara kita, ya traveler!
 
Semoga tips dari saya dapat mengantisipasi segala kemungkinan yang akan merusak mood anda selama merayakan Songkran. Tunggu apa lagi? Ayo rencanakan trip Songkran Anda di Thailand!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED