Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 16 Mei 2015 15:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Wisata Belanja Sekaligus Belajar Tenun di Desa Sukarara, Lombok

Sendok
d'travelers
Foto 1 dari 4
Contoh kain tenun yang dijual di Desa Sukarara
Contoh kain tenun yang dijual di Desa Sukarara
detikTravel Community -

Wisata sambil belajar menenun tentu sangat mengasyikkan. Saat liburan di Desa Sukarara, Lombok, traveler bisa membeli kain tenun dengan motif khas Lombok untuk buah tangan sekaligus belajar menenun.

Desa Sukarara yang letaknya di Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, dikenal sebagai pusat pembuatan kain songket khas Lombok. Lokasi Desa Sukarara ini berjarak sekitar 25 Km dari Kota Mataram dan bisa diakses dengan kendaraan bermotor sekitar 30 menit.

Sebagian besar perempuan yang ada di Desa Sukarara ini bekerja sebagai penenun. Desa Sukarara memiliki ciri khas desain atau motif, yang berbeda dengan kain-kain tenun lainnya.

Hasil tenun di desa ini sudah banyak dikenal dan sangat disukai oleh wisatawan mancanegara. Harga kain tenun atau songket ini tergantung pada faktor kesulitan penentuan motif dan lamanya waktu pengerjaan. Hal inilah yang membuat harga kain tenun tradisional Desa Sukarara sangat mahal.

Di sini, traveler bisa membeli oleh-oleh songket atau sekedar belajar menenun. Traveler dapat meminta salah satu penenun untuk mengajarkan caranya menenun, mereka sangat sabar mengajarkan saya.

Selain itu, di depan salah satu lokasi menenun terdapat miniatur rumah tradisional lombok. Karena unik akhirnya kami menyempatkan diri untuk berfoto-foto di sini.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA