Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Jun 2015 15:16 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Danau Sebening Kaca di Sumba yang Bikin Iri

Alex Zulfikar
d'travelers
Foto 1 dari 5
Menikmati biru dan segarnya Danau Weekuri di Sumba
Menikmati biru dan segarnya Danau Weekuri di Sumba
detikTravel Community - Menikmati Pulau Sumba di NTT yang begitu indah, kurang lengkap rasanya tanpa berkunjung ke Danau Weekuri. Inilah danau air payau yang terletak di Sumba Barat Daya dengan airnya yang jernih seperti sebening kaca. Bikin iri untuk datang ke sana!
 
Danau Weekuri memang tak sepopuler Danau Toba di Sumatera Utara atau Danau Satonda di Sumbawa, namun keindahan Danau Weekuri seolah menggambarkan keseluruhan eksotisme Pulau Sumba yang memang relatif masih belum banyak terjamah.
 
Danau Weekuri memiliki keunikan tersendiri, selain air payau berwarna bening kebiruan, di sekeliling danau juga terdapat trekking area, terutama area tebing karang dekat pantai. Kita bisa naik ke atas perbukitan karang untuk mendapatkan view danau dan pantai dari ketinggian.
 
Biru dan beningnya air Danau Weekuri seolah menggoda siapa pun yang datang untuk berenang menikmati segarnya air payau danau ini. Usahakan datang atau berenang pada pagi hingga siang, karena lewat tengah hari air danau surut dan baru mulai pasang lagi ketika petang hari setelah sunset.
 
Danau Weekuri memang identik dengan danau air payau yang masih jarang ditemukan di daerah lain di Indonesia. Air payau Danau Weekuri tercipta melalui air laut yang masuk lewat celah-celah tebing karang dan menyatu dengan air tawar yang berasal dari sumber air di ujung danau.
 
Suasana sepi dan alami membuat danau ini makin terasa istimewa. Belum terlihat bekas sampah plastik yang berserakan karena memang belum banyak pengunjung ke danau ini. Belum ada warung, penjaja oleh-oleh, maupun rumah penduduk di sekitar danau.
 
Musim kering antara bulan Mei hingga Oktober adalah periode terbaik untuk mengunjungi danau ini. Sinar matahari yang melimpah bersinar terang menembus dasar danau, memberi kesan gradasi warna biru toscha dan biru muda bila dilihat dari ketinggian. Hamparan semak belukar dan savana khas alam Sumba yang mengering juga menambah eksotiknya Danau Weekuri.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED