Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 13 Okt 2015 10:23 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Air Terjun Simanik-Manik, yang Cantik dari Asahan

Rudi Chandra
d'travelers
Foto 1 dari 5
Air Terjun Simanik-Manik di Asahan
Air Terjun Simanik-Manik di Asahan
detikTravel Community - Asahan di Sumatera Utara memang terkenal dengan objek wisata air terjun. Salah satu yang bisa didatangi adalah air terjun Simanik-manik. Cantik!

Air Terjun Simanik-Manik atau dikenal juga dengan nama air terjun Alam Tani adalah sebuah air terjun cantik yang berada di Desa Loburrapa, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Berjarak tempuh sekitar 2 hingga 3 jam dari Kota Kisaran, ibukota Kabupaten Asahan.

Untuk mencapai lokasi wisata, kami harus berjalan lagi sekitar 200 meter dari tempat parkir melintasi kawasan hutan. Di sepanjang sisi jalan menuju air terjun ini terdapat sungai dangkal yang berair jernih dan di tengah perjalanan juga terdapat sebuah gua dangkal yang di sampingnya terdapat tebing batu yang hiasi tanaman rambat dan tetesan air, seperti hujan gerimis. Cantik sekali sekaligus eksotis!

Setelah berjalan beberapa saat melintasi hutan, akhirnya kami sampai di tempat utama dan disuguhkan pemandangan indah dari Air Terjun Simanik-Manik yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini memiliki kolam tampung berdiameter sekitar 30 meter lingkaran dan di bawah luncuran air terjun ini terdapat tanah cekung dengan kedalaman sekitar 10 meter.

Siraman embun air terjun yang terus membasahi kawasan dalam gua. Sedangkan di sebelah kiri air terjun Simanik-manik ini terdapat satu gua kecil yang dihiasi tanaman merambat dan dari mulut gua menurut saya pemandangan Air Terjun Simanik-manik terlihat lebih indah dan eksotis.

Aliran air terjun Simanik-manik ini sendiri bersumber dari sebuah sungai kecil yang melintasi hutan dan bermuara di Sungai Asahan. Karena bersumber dari sungai kecil, maka debit airnya juga kecil dan sangat tergantung fluktuasi air sungai. Di musim hujan, air terjun Simanik-manik akan memiliki tumpahan yang besar, tapi di musim kemarau tumpahan airnya kecil saja. Meskipun demikian, air terjun ini tetap cantik kapan pun itu.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA